Pendaftaran UPBJJ UT Sorong Berakhir 14 Februari, Yuk Buruan Daftar!!

SORONG, PBD – Pendaftaran Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ UT) Sorong tahun akademik 2023 bakal berakhir pada Selasa, 14 Februari 2023. Hal ini disampaikan Pimpinan UT Sorong, Syafriansyah melalui Manajer Registrasi dan Ujian, Muhlis Hafel, saat ditemui Sorongnews.com, Senin (13/2/23).

Dikatakannya bahwa, pendaftaran yang dilakukan di Universitas Terbuka, pihaknya laksanakan ditiap semester dan telah dijadwalkan dalam kalender akademik UPBJJ UT Sorong.

“Kebetulan untuk semester ini sudah diperpanjang dan berakhir pada tanggal 14 Ferbuari 2023, besok,” kata Manajer Registrasi dan Ujian, Muhlis Hafel, di Universitas Terbuka Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (13/2/23).

Disambungnya bahwa, saat ini UT dinilainya telah berkembang, sebab sebelumnya proses pembelajaran hanya ditawarkan melalui virtual (online), namun disampaikannya saat ini UT telah dibuka penawaran proses pembelajaran secara tatap muka jika memenuhi kuota lebih dari 20 mahasiswa.

“Jadi target kita memang dulunya memang untuk pra pekerja dan sekarang sudah berkembang. Pada prinsipnya kita sudah berkembang, karena sistemnya online, ada beberapa penawaran tatap muka, namun kita lebih ke online dan mainsetnya masyarakat masih masyarakat kolonial, akan tetapi saat ini target kita milenial, hanya sistem perkuliahan yang dianggap tidak konvensional sebagaimana perguruan tinggi konvensional lainnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, dibeberkannya bahwa UT Sorong telah melaksanakan sosialisasi diberbagai Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat diberbagai wilayah di tanah air, untuk menarik simpati guna melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan berkuliah di Universitas Terbuka Sorong.

“Sudah lama kami lakukan sosialisasi ke SMA-SMA/Sederajat untuk masuk di Universitas Terbuka,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya mengungkapkan bahwa di Universitas Terbuka sendiri memiliki sebanyak 42 program studi (prodi) yang terbagi kedalaman berbagai tingkatan, yakni program studi diploma dan sarjana, pascasarjana magister (S2) serta program doktoral (S3).

“Untuk di UT sendiri, kami membuka program studi sebanyak 40 lebih prodi, terutama prodi-prodi yang memang mengedepankan keinginan dari masyarakat setempat yang selalu dipilih,” ungkapnya.

Kemudian disebutkannya, dengan berkuliah di Universitas Terbuka, menurutnya mendapatkan keunggulan yakni dapat memahami IT dibandingkan dengan perguruan tinggi konvensional lainnya.

“Sebenarnya untuk kuliah di UT itu, keuntungannya adalah memahami IT, karena kita online, dibanding dengan perguruan tinggi konvensional lainnya,” tandasnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap kepada masyarakat di Kota Sorong terlebih khusus masyarakat di Papua Barat Daya dan Papua Barat, agar mendaftar diri dan memilih Universitas Terbuka sebagai tempat melanjutkan pendidikan pada tingkatan S1, S2, maupun S3.

“Saya berharap kepada masyarakat di Kota Sorong, terlebih khusus masyarakat di Papua Barat Daya dan Papua Barat untuk mendaftar dan masuk di Universitas Terbuka,” harapnya.

Selanjutnya, ditambahkannya bahwa siapapun tak perlu khawatir, di Universitas Terbuka memiliki pembiayaannya terjangkau dan murah, dengan membayar Rp 100.000 saja sudah terdaftar sebagai mahasiswa di UPBJJ UT Sorong.

“Kita lihat di UT biayanya murah, karena kita tidak pakai uang gedung, jadi membayar 100 ribu sudah terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Terbuka. Selanjutnya, membayar SPP tergantung prodinya, sehingga dapat menerima NIM (Nomor Induk Mahasiswa),” tutupnya.

Berikut ini Sorongnews.com merangkum program studi yang ditawarkan di Universitas Terbuka antara lain:

1. Program Studi Diploma dan Sarjana (S1)

FKIP yakni Pend. Bahasa & Sastra Indonesia (Akreditasi B), Pend. Bhs Inggris (Akreditasi 3), Pend. Biologi (Akreditasi B), Pend. Fisika (Akreditasi B), Pend. Kimia (Akreditasi B), Pend. Matematika (Akreditasi A),Pend. Ekonomi (Akreditasi B), Pend. PancasilaKewarganegaraan (Akreditasi B), Pend. Guru SD (Akreditasi A), Pend. Guru PAUD (Akreditasi A) dan Teknologi Pendidikan (Akreditasi B).

FE yakni Ekonomi Pembangunan (Akreditasi A), Ekonomi Syariah (Akreditasi B), (Akreditasi A) Akuntansi (Akreditasi A) dan Akuntansi Keuangan Publik (Akreditasi B).

FHISIP yakni Ilmu Administrasi Bisnis (Akreditasi A), Ilmu Administrasi Negara (Akreditasi A), Sosiologi (Akreditasi A), Ilmu Pemerintahan (Akreditasi B), Ilmu Komunikasi (Akreditasi B), Sastra Inggris (Akreditasi B), Perpustakaan & Sains Informasi (Akreditasi B) dan Ilmu Hukum (Akreditasi A).

Diploma yakni Program D3 Perpajakan (Akreditasi A) dan Program D4 Kearsipan (Akreditasi A).

FST yakni Statistika (Akreditasi B), Matematika (Akreditasi B), Biologi (Akreditasi B), Teknologi Pangan (Akreditasi B), Agribisnis (Akreditasi B), Perencanaan Wilayah dan Kota (Akreditasi B) dan Sistem Informasi (Dalam Proses Akreditasi)

2. Program Magister (S2)

Program Magister (S2) terdiri dari Ilmu Administrasi Publik (Akreditasi B), Manajemen (Akreditasi B) Manajemen Perikanan (Akreditasi B), Pendidikan Matematika (Akreditasi B), Pendidikan Dasar (Akreditasi B), Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi B) dan Studi Lingkungan (Akreditasi Baik)

3. Program Doktoral (S3)
Program Doktoral (S3) terdiri dari Program Doktor Ilmu Manajemen (Akreditasi Baik) dan Program Doktor Administrasi Publik (Akreditasi Baik).

Selain itu, informasi lebih lanjut dapat menghubungi HP/WA: 082198448689 atau mengunjungi pendaftaran online admisi-siat.ut.ac.id (Jharu)

___ __ ___

Komentar