Pemkot Sorong Sidak Agen Distributor dan Pasar Remu, Cek Harga Bapok di Bulan Puasa

SORONG, PBD- Jamin kenyamanan masyarakat khususnya umat muslim dalam pelaksanaan ibadah puasa sampai dengan perayaan idul fitri 1445 H, Pemerintah Kota Sorong melakukan sidak di beberapa agen dan distributor guna memastikan harga kebutuhan pokok di pasar maupun agen tetap terjamin.

Sidak dipimpin langsung Pj Wali Kota Sorong Septinus Lobat, didamping  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan beberapa OPD terkait di tiga lokasi berbeda.

“Paling utama beras premium ini kan sifatnya komersil jadi memang agak naik sedikit tapi di Bulog SPHP nya Rp 11.800 masih terjangkau harganya dan harga yang di Bulog sendiri merupakan standar serta ketentuan langsung dari Badan Pangan Nasional (Bapanas),” ujar Pj Wali Kota Sorong.

Menurutnya, hasil survei dilapangan apalagi dalam bulan puasa bahkan nantinya lebaran harga kebutuhan pokok sendiri tidak ada mengalami peningkatan.

“Untuk harga beras premium Rp. 15.000/kg ini kebutuhan pokok sehari-hari jadi masyarakat masih mampu menjangkaunya, lalu cabai di pasaran pun sama tidak mengalami peningkatan sebab nilai jualnya masih tergolong standar yaitu Rp 60.000/ kg,” ungkapnya.

Baginya, tidak ada peningkatan harga baik dari harga pasaran sampai dengan agen dan distributor hanya saja tadi dikeluhkan distributor saat ini beban kontainer yang ikut naik.

“Jadi perlu kami sampaikan tadi ada juga keluhan dari distributor terkait dengan kenaikan harga kontainer dari Makassar-Sorong, nah mengapa ada kenaikan harga kontainer ini akan kami tanyakan langsung ke pihak Pelindo,” tegasnya.

Tambahnya, kemungkinan saja harga kontainer pun juga mempengaruhi sedikitnya harga pangan di kota sorong, sebab distributor mereka bisa naikkan harga itu pasti ada sebab akibat.

Tutupnya, ini akan menjadi bahan untuk pemerintah guna menindaklanjuti hal tersebut dimana akan ditanyakan langsung kepada teman-teman Pelindo mungkin ada alasan yang mempengaruhi kenaikan harga kontainer. (Mewa)

___

Komentar