Nikmati Sensasi Dinginnya Kali Sembra, Objek Wisata Alam Penuh Kesejukan di Sorong Selatan

SORSEL, PBD – Papua Barat Daya menyimpan beragam destinasi wisata alam yang wajib diexplore, salah satunya di daerah Kabupaten Sorong Selatan.

Daerah dengan julukan Kabupaten 1001 sungai itu memiliki salah satu objek wisata dengan air jernih berwarna biru kehijauan yang cantik dan pesona yakni Kali Sembra.

__ ___

Kali ini terletak di Kampung Srer Sembra, Distrik Seremuk, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya. Lokasinya berada ditengah-tengah hutan belantara, membuat Kali Sembra menjadi permata tersembunyi di Provinsi terbungsu di Indonesia ini.

Untuk menjangkau kali tersebut, dari arah Kantor Bupati Kabupaten Sorong atau Tugu Merah, membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam melalui jalur darat.

Tak perlu khawatir, dalam menjangkau perjalanan 3 jam lebih itu, terdapat sejumlah pertokoan dan warung setempat yang bisa dijadikan pilihan untuk berehat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Pengunjung pun tak perlu takut tersesat untuk menemukan lokasi Kali Sembra, beberapa warga sekitar menghadirkan keramahannya dan bersedia menunjukkan jalan kearah destinasi wisata itu, bahkan terdapat penanda arah dibahu jalan yang mengarahkan menuju ke destinasi wisata tersebut.

Perjalanan menuju ke Kali Sembra cukuplah berat, dikarenakan tidak semua jalanan teraspal mulus, ada kalanya harus melewati jalan yang masih berupa tanah, sehingga diperlukan kehati-hatian ekstra dalam menjangkau destinasi wisata itu.

Bahkan kondisi akan semakin sulit saat musim penghujan, dimana jalan yang belum teraspal akan semakin licin.

Dalam perjalanan yang memakan waktu 3 jam lebih itu, pengunjung akan melewati keindahan luar biasa, sebab sepanjang ruas jalan yang dilewati, banyak menghadirkan pemandangan gunung, bebatuan hingga pepohonan yang elok dipandang.

Kendati demikian, setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, semuanya akan langsung terbayar ketika sampai di Kali Sembra.

Suasana Kali Sembra Sorong Selatan dikelilingi pepohonan yang hijau dan rindang/Jharu

Dilain sisi, lokasi wisata itu berjarak kurang lebih 15 Km dari Teminabuan, Ibukota Kabupaten Sorong Selatan.

Saat tiba di Kali Sembra, pengunjung dapat melakukan banyak hal di lokasi ini, seperti berenang maupun bermain air.

Dengan memiliki air yang begitu jernih ditambah kondisi alam sekitar yang relatif terjaga, menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung yang mengunjungi lokasi tersebut.

Apabila mager untuk berenang, pengunjung dapat menyewa ban dan bersantai dengan duduk di atas ban yang mengapung di air kali.

Jika pengunjung tak mau basah, pengunjung dapat duduk di pinggir kali seraya menikmati suasana alam sekitar.

Suasana alamnya sangat tenang dan menentramkan, membuat pengunjung betah berlama-lama disini, bahkan tanpa berenang sekalipun.

Disekitar kali ini, pemandangan air biru diliputi pepohonan hijau yang rimbun dapat memanjakan mata para pengunjung.

Selain berenang dan bermain air, tak sedikit pengunjung melompat kedalam kali yang memiliki kedalaman mencapai 3 meter itu.

Diketahui, nama Kali Sembra itu diberikan oleh masyarakat setempat yang memiliki makna sebagai Kali Biru.

Para pengunjung berpose di Pondok yang berada disekitaran Kali Sembra/Jharu

Telah banyak pengunjung yang berkunjung untuk merasakan keindahan Kali Sembra, tak hanya masyarakat lokal saja, melainkan masyarakat dari Kota atau Kabupaten lain, bahkan banyak wisatawan dari luar negeri.

Untuk dapat menikmati sensasi Kali Sembra, pengunjung tak perlu merogoh kocek yang begitu mendalam, hanya dibandrol per kendaraan. Kendaraan roda dua dipatok harga Rp 20 ribu, sedangkan kendaraan roda dua dipatok harga Rp 50 ribu. Namun, tarif ini sewaktu-waktu bisa saja berubah. (Jharu)

___ __ ___ ___

Komentar