Namanya Diusulkan Maju Balon Bupati Maybrat, Ini Jawaban Marthen Howay

SORONG, PBD – Mencuat ke muka publik, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Maybrat, Marthen Howay menjawab pernyataan sikap dukungan oleh lintas tokoh pemuda dan tokoh intelektual Aifat Raya terhadap dirinya untuk maju bertempur dalam pertarungan sengit Pemilihan Bupati (Pilbup) Maybrat di bulan November 2024 mendatang.

“Saya sebagai seorang warga negara Indonesia dan juga orang asli Maybrat ketika situasi ini, posisinya saya inikan masih ada sebagai status ASN, tahapan ini juga tetap berproses saja, lalu karena disini untuk menentukan posisi dan sikap saya itu masih ada beberapa bulan kedepan,” jawab Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Maybrat, Marthen Howay, di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (15/4/24).

Diakuinya, meski mendapat kekuatan dukungan penuh dari lintas tokoh pemuda dan tokoh intelektual Aifat Raya, dirinya mempunyai dua kriteria tersendiri untuk menjamin dirinya guna mengambil sikap dalam maju pertempuran sengit Pilbup Maybrat bulan November 2024 nantinya.

“Ini ada dua hal bagi saya, yang menjadi kriteria itu menjanjikan atau memberikan saya jaminan berarti saya berani mengambil sikap,” tandasnya.

Lebih lanjut, dijelaskannya, kriteria pertama menurutnya dalam posisi sebagai ASN dirinya harus dapat melihat secara lebih jeli terkait dukungan masyarakat terhadap dirinya untuk maju pertempuran Pilbup Maybrat.

Tak hanya itu, kriteria kedua menurutnya, harus terdapat dukungan penuh yang dilontarkan partai politik yang akan berkoalisi dalam mendukung pribadinya maju Pilbup Maybrat.

“Pertama, karena posisi saya sebagai ASN, berarti saya harus melihat dari dukungan masyarakat, karena saya sering menggunakan kata, pertarungan politik inikan ada istilah namanya mau mencalonkan diri atau dicalonkan, saya cenderung melihat dicalonkan, karena kalau dicalonkan berarti biarlah kita tenang ditempat dan kita mendapatkan tawaran dari masyarakat, dari akar rumput,” jelasnya.

“Kedua, areal partai politik, ketika kita berbicara ingin maju dan lain-lain kalau partai politik pendukungnya tidak ada, kita tidak mungkin memaksakan diri. Ini menjadi dua hal dasar dan indikator bagi saya ketika dukungan dari masyarakat murni dan mereka punya pergerakan untuk menawarkan pertemuan, karena situasi sekarang kan saya tidak bisa bawa diri untuk ketemu, tetapi merekalah (masyarakat) yang menyediakan waktu dan minta kita hadir, disitulah saya bisa ukur-ukur yang sepenuh hati mendukung saya,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, diakuinya, siapapun sosok yang akan bertarung merebut kursi hangat orang nomor satu di Kabupaten Maybrat merupakan sosok putra terbaik Maybrat.

“Siapapun yang maju besok (Pilbup Maybrat), mereka semua putra terbaik Maybrat dan kita akan melihat semua Pilkada Maybrat ini Pilkada yang damai, aman, tentram, dan konsolidasi terhadap semua kelompok kepentingan terkait siapa sosok yang mempunyai nilai jual bagus, dukungan masyarakat bagus, dukungan partai politik bagus, kita yang lain harus memberikan dukungan,” ujarnya.

Ditambahkan Plt Kepala Bappeda Kabupaten Maybrat itu bahwa, dirinya siap melepas dan meletakkan status ASN apabila dukungan masyarakat dan partai begitu kuat mengalir pada dirinya untuk menduduki kursi kepala daerah tersebut.

“Pada intinya, saya sebagai warga negara dan mempunyai hak mencalonkan dan dicalonkan mengikuti mekanisme karena situasi sekarang posisi saya sebagai ASN, saya tidak bisa bergerak, apabila dukungan masyarakat kuat dan partai kuat, saya siap menerima itu, konsekuensinya saya mundur dari ASN dan meletakkan jabatan saya,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, selain Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Maybrat yang digadang-gadang akan maju pertempuran berat Pilbup Maybrat, terdapat sejumlah tokoh yang didominasi birokrat yang saat ini menjabat dalam memimpin perangkat daerah di lingkup Pemerintahan Kabupaten Maybrat. Nama-nama tokoh itu diantaranya, Pj Sekda Ferdinandus Taa, Kepala Dinas Pendidikan Kornelius Kambu serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Theopilus Yaam.

Diberitakan Sorongnews.com sebelumnya, sejumlah lintas tokoh pemuda dan tokoh intelektual Aifat Raya secara terang-terangan dan buka-bukaan mendukung penuh Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Maybrat, Marthen Howay maju dalam pertempuran sengit Pemilihan Bupati (Pilbup) Maybrat 2024.

Hal ini disampaikan sejumlah lintas tokoh pemuda dan tokoh intelektual Aifat saat menggelar jumpa pers di salah satu hotel di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (15/4/24).

“Kami menyampaikan satu dukungan terhadap bapak Marthen Howay untuk siap maju dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Maybrat, agar kedepannya berjuang demi kepentingan kami masyarakat, apalagi kami nilai bapak Marthen Howay figur yang tepat untuk memimpin Kabupaten Maybrat kedepan,” ujar Tokoh Pemuda Aifat Selatan, Cosmas Same didampingi sejumlah tokoh pemuda dan tokoh intelektual Aifat Raya lainnya. (Jharu)

___

Komentar