Muhammadiyah Papua Barat Daya Bakal Gelar 10 Titik Shalat Idul Adha 1444 H

SORONG, PBD – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Papua Barat Daya (PBD) bakal menggelar pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H di sepuluh titik di wilayah Provinsi Papua Barat Daya.

Diketahui, 10 titik pelaksanaan Shalat Idul Adha itu meliputi 2 Kabupaten dan 1 Kota, diantaranya yakni Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan dan Kota Sorong.

___

Sebelumnya, berdasarkan hasil wujudul hilal dan maklumat yang ditetapkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, telah menyepakati bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha akan dilaksanakan pada Rabu, 28 Juni 2023, mendatang.

“Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha di Papua Barat Daya tahun ini, InsyaAllah akan dilaksanakan di 10 titik, yakni 1 titk di Kota Sorong, 8 titik di Kabupaten Sorong dan 1 titik di Kabupaten Sorong Selatan,” kata Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya, H. Mungawan saat dikonfirmasi Sorongnews.com, Senin (26/6/23).

Lebih lanjut disampaikannya bahwa, pelaksanaan shalat Idul Adha akan berlangsung di sepuluh titik yang merupakan amal usaha milik Muhammadiyah, diantaranya lapangan, masjid serta mushollah, sehingga tidak mengganggu fasilitas lainnya.

“10 titik pelaksanaan akan dilaksanakan di tempat yang merupakan amal usaha milik Muhammadiyah,” tandasnya.

Kemudian, diterangkannya bahwa, Muhammadiyah akan menyediakan sejumlah hewan qurban dan penyembelihan (pemotongan) akan dilakukan warga Muhammadiyah sehari usai pelaksanaan shalat Idul Adha.

“Terkait penyembelihan akan digelar sehari setelah pelaksanaan shalat. Dimulai dilakukan pada tanggal 29 Juni sampai tanggal 1 Juli 2023, mendatang,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, berikut ini Sorongnews.com merangkum 10 titik pelaksanaan Shalat Idul Adha Muhammadiyah di Papua Barat Daya, sebagai berikut:

1. Mushollah Al-Ardi

Aimas, Kabupaten Sorong.

2. Masjid Salman Alfarisi

Unimuda Sorong, Mariat Pantai, Kabupaten Sorong.

3. Masjid Nurul Islam

Malasom, Kabupaten Sorong.

4. Masjid AR-Fakhrudin

Tugu Merah, Kabupaten Sorong.

5. Masjid Hidayatullah

SP 1, Kabupaten Sorong.

6. Masjid Nurul Iman 2

SP 2 Mariyai, Kabupaten Sorong.

7. Masjid Bilal Bin Rabah Warmon

Kokoda SP 3, Makbusun, Kabupaten Sorong.

8. Masjid Baiturahman

SP 4, Makbalim, Kabupaten Sorong.

9. Halaman Kampus Unamin Sorong

Jalan Pendidikan Km 8, Kota Sorong.

10. Halaman SD Muhammadiyah Teminabuan

Jalan Kampung Wermit, Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan.

Sambungnya, dirinya mengungkapkan bahwa, pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H tahun ini ketetapan berbeda antara Muhammadiyah dan Pemerintah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya berharap untuk tidak menjadikan perbedaan itu sebagai masalah, namun jadikanlah sebagai sikap kedewasaan untuk saling menghargai, menghormati, mengakui dan tetap menujunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan antara satu sama lainnya.

Selain itu, sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya, dirinya menghimbau bahwa, setiap Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Papua Barat Daya hingga simpatisan Muhammadiyah lainnya agar tetap melaksanakan shalat Idul Adha 1444 H sesuai maklumat yang telah dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (Jharu)

___ ___

Komentar