Menyulap Wajah Baru Ibu Kota Provinsi Papua Barat

MANOKWARI, – Ada yang baru pada wajah Ibu Kota Provinsi Papua Barat, saat wisatawan berkunjung ke Manokwari menggunakan pesawat udara. Mata wisatawan akan dimanjakan dengan warna-warni indahnya atap rumah warga di sepanjang garis pantai menuju kawasan Bandara Rendani, Manokwari. Hal ini ternyata merupakan salah satu inovasi dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Barat dalam menyulap wajah baru Ibu Kota yang terkenal dengan Alpukat dan Duriannya ini.

Plt Kepala Dinas PU Provinsi Papua Barat, Yohanes Momot yang juga dipercayakan sebagai Ketua Ikatan Alumni Jawa Timur tanah Papua itu mengatakan bahwa atap rumah warga dicat warna-warni untuk memperindah kota dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT 77 RI pada 17 Agustus 2022 mendatang. Pengecatan ini sesuai arahan Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

“Pengecatan atap rumah warga di sepanjang pesisir pantai kota Manokwari mulai dari pasir putih sampai Sowi ini kami lakukan sesuai petunjuk Penjabat Gubernur Papua Barat. Dimana untuk tahap awal pengecatan dilakukan di rumah-rumah warga depan RSUD Manokwari dan selanjutnya akan kita lakukan hal yang sama di tempat lain. Ini tahap pertama dan kita berharap ke depan bisa sampai ke arah Anggrem, Borobudur, Wirsi, Arkuki, Sanggeng, Wosi dan Marampa,” ujar Momot,

Momot menambahkan bahwa dalam suatu kesempatan Penjabat Gubernur Papua Barat mengatakan idenya untuk pengecatan atap rumah warga. Hal ini menurut Waterpauw terinspirasi dari pengecatan jembatan yang dilakukan anak-anak muda di kampung Yoboi Danau Sentani Kabupaten Jayapura Papua. Dimana setelah ada jembatan warna-warni kunjungan wisatawan ke kampung Yoboi naik drastis bahkan jadi salah satu kampung wisata yang dikunjungi Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

“Kita juga berharap kota Manokwari ini sebagai ibukota provinsi Papua Barat etalase provinsi memberikan kesan indah dan cantik bagi siapa saja yang datang berkunjung dan keindahan itu akan diceritakan kepada yang lainnya sehingga kota kita dikenang karena indahnya,” harap Momot mengutip harapan serupa Penjabat Gubernur Papua Barat. (Oke)

___ __ ___

Komentar