Menteri Pertanian: Pertanian Tidak Pernah Ingkar Janji

Sorong-, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Sorong, Papua Barat untuk meninjau lokasi rumah sagu di Aimas jalan pariwisata, Jumat (03/09/21).

Setibanya di Bandara DEO Sorong Menteri Pertanian beserta rombongan ke ACC (Aimas Convention Centre) melakukan makan siang bersama yang ditemani oleh Gubernur Papua Barat Bapak Dominggus Mandacan, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, Dandim 1802 Sorong dan Kapolres Sorong.

___ ___ ___ ___

Dalam kunjungan kerja ini menteri Pertanian, melihat langsung proses pembuatan sagu dan hasil sagu yang telah dikerjakan oleh petani lokal.

“Dimasa Covid-19 ini, yang tumbuh dan terus mempertahankan kepentingan negara bangsa dan rakyat itu pertanian, yang tumbuh tahun lalu 16,4% cuma pertanian yang lain turun, itulah setianya pertanian bagi bangsa, negara dan kepada rakyat,” ujarnya.

Dalam sambutannya menteri Pertanian mengatakan kalau kita lihat yang ada di Sorong apa bedanya dari Sabang sampai Merauke, disana juga ada matahari, ada angin, ada airnya juga, cuma Sorong yang lebih dulu melakukan aktivitas dibandingkan kita. Kalau di Jawa bisa, di Kalimantan bisa, di Sulawesi bisa, apa lagi di Sorong bisa banget.

Kalau Kabupaten Sorong mau cepat, pertanian solusi nya tapi pertanian butuh sama-sama antara Pemerintah Daerah dan masyarakat, jangan hanya pemerintah yang mau tapi masyarakat tidak mau

“Syarat bertani yang baik yaitu lahannya bagus, airnya bersih dan masyarakat harus mau bersama pemerintahnya, dan pertanian itu tidak pakai politik tetapi membutuhkan agama, yaitu doa, dan ingat pertanian tidak pernah ingkar janji, sama dengan merpati putih tak pernah ingkar janji,” ujarnya.

Pertanian itu sangat menjanjikan sekali dikarenakan pertanian bisa dimakan, pertanian itu lapangan kerja pertanian itu bisa langsung di jual, pertanian itu bisa dikreasikan macam-macam untuk memperkuat ekonomi rakyat.

Dikesempatan yang sama Wakil Bupati Sorong Suka Harjono menyampaikan mudah-mudahan dengan kehadiran Menteri Kabupaten Sorong betul-betul bisa terangkat kesejahteraan para petani baik Sagu maupun Hortikultura di wilayah Kabupaten Sorong.

Wabub juga berharap dengan kekurangan-kekurangan yang ada Kabupaten Sorong dapat mendapatkan dukungan, selain yang disalurkan dari Gubernur tapi juga harapan juga langsung ke Dinas Pertanian Kabupaten Sorong agar bisa langsung terealisasikan ke masyarakat di Kabupaten Sorong

Setelah acara selesai menteri Pertanian membagikan bantuan berupa bibit kelapa, peralatan pengolahan sagu, benih padi, bantuan sapi dan kambing serta bantuan dari bank BRI dan Bank BNI kepada petani yang turut hadir dalam kunjungan kerja menteri Pertanian di Kabupaten Sorong. (Angga)

___ __

Komentar