Mengaku Wartawan, Pria Ini Calo Pengurusan SIKM

SORONG, – Warga kelurahan Klasuur, kota Sorong, Papua Barat berinisial DM diamankan tim Satgas Covid-19 Kota Sorong, Jumat (21/8/2020) karena menjadi calo Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM).
Pengungkapan itu berawal saat DM  hendak mengurus SIKM di posko Satgas COVID-19 kota Sorong karena marah-marah sambil berteriak Satgas mempersulit Surat Ijin Masuk.

Tingkah lakunya yang menarik perhatian itu, mengundang perhatian para wartawan dan tim Satgas COVID-19 yang saat itu sedang berada di posko Satgas Covid 19. Setelah dilakukan penelusuran oleh Tim Satgas, DM, ternyata mengaku sebagai wartawan untuk membantu orang mengurus SIKM. Agar meyakinkan para korbannya ia pun menunjukan Id Card-nya sebagai wartawan dari Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI).Mengurus SIKM di DM tidak gratis, karena ia mengenakan tarif yaitu sebesar Rp. 250.000 per orang.

Awalnya, Pria yang bekerja sebagai kuli bangunan ini bersikeras bahwa ia adalah seorang wartawan sambil menunjukkan kartu organisasi persnya yang sudah habis masa berlakunya. Sikapnya terhadap sejumlah wartawan pos peliputan Covid 19 juga sangat arogan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota Sorong, Lexy Sitanala mengimbau kepada seluruh masyarakat apabila bertemu dengan seseorang yang mengatasnamakan wartawan untuk melakukan pengecekan di website dewan pers.

“Saya berharap kepada seluruh khalayak ramai baik warga masyarakat, TNI-Polri, BUMD dan BUMN, bila mana ada warga yang mengatasnamakan dirinya dari berbagai organisasi pers atau wartawan, bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu ke website dewan pers. Disitu ada tertera nama wartawan yang diakui keabsahannya, ” Jelas Lexy.

__ ___ __ ___ __ ___ ___

Komentar