oleh

Memiliki Potensi Ekonomi, Bupati Serahkan Surat Keputusan Kampung Tahmara

MAYBRAT, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pjs. Kepala Kampung Tahmara, Distrik Aifat Selatan, Minggu (21/2/21). Adapun untuk menjalankan roda pemerintahan di tingkat kampung, Pjs. yang dipercayakan memimpin kampung Tahmara adalah Enos Sowe.

Penetapan Kampung Tahmara, Distrik Aifat Selatan Kabupaten Maybrat berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor: 56 Tahun 2020 tentang pembentukan kampung- kampung pada batas wilayah antar kabupaten di lingkungan Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat.

Bupati Maybrat, Bernard Sagrim, menuturkan wilayah kampung Tahmara, Aifat Selatan memiliki potensi perputaran ekonomi yang sangat luar biasa. Dalam wilayah kampung tersebut ada perusahaan kelapa sawit, maka harus di jadikan sebagai daerah prioritas dan ditetapkan menjadi kampung di Maybrat.

“Di wilayah itu ada perusahaan kelapa sawit yang berdiri. Untuk itu, di masa jabatan saya ke- II periode ini wilayah kampung yang saya keluarkan SK pertama Kampung Tahmara. Kenapa, di wilayah ini ada potensi ekonomi yang luar biasa”, terang Bupati.

Tak cuma itu, Kampung Tahmara Distrik Aifat Selatan juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Untuk itu, Maybrat harus cepat mengambil kebijakan untuk menjadikan satu kampung defenitif. Jika tidak, warga yang ada bisa lari pindah ke kabupaten sebelah yakni Sorsel begitupula potensi sektor ekonominya.

Sagrim juga menekankan bahwa, Kampung Tahmara mendapat SK dari bupati secara langsung. Maka tugas utama yang harus diperhatikan baik oleh Pjs. Kepala Kampung yaitu batas-batas wilayah kampung dengan kampung yang ada disekita. Pasalnya, kampung ini juga berbatasan dua kabupaten antara lain Sorsel sama Teluk Bintuni.

“Bukan cuma itu, Pjs. Kepala Kampung juga harus segera mendata jumlah warga secara baik setelah membuat struktur pengurus di kampung tersebut. Kita berharap Pjs. kepala kampung ini bisa melaksanakan tugas baik. Serta mendata warga secara akurat, jangan sampai lari pindah ke kabupaten lain”, imbau Bupati. [Valdo]

Komentar