oleh

Mantan Wabup Merauke Sularso Maju Jadi Bakal Calon DPD RI Provinsi Papua Selatan

MERAUKE – Mantan Wakil Bupati (Wabup) Merauke, Sularso maju sebagai bakal calon perseorangan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Provinsi Papua Selatan.

Pantauan Sorongnews.com, mantan Wabup Merauke Sularso menyerahkan dokumen dukungan minimal pemilih ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Selatan di Jalan Ahmad Yani Merauke, Minggu (8/12/2022).

Dokumen diterima Anggota KPU Papua, Adam Arisoi didampingi Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi Papua, Fransiskus Antonius Letsoin dan Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Papua Selatan, Niko Tunjanan.

“Saya terpanggil untuk bisa berjuang melalui DPD. Dalam benak hati saya, ingin bekerja maksimal demi kepentingan masyarakat dan Provinsi Papua Selatan,” tutur Mantan Wabup Merauke Sularso kepada wartawan usai penyerahan dokumen.

Pria kelahiran Merauke ini mengakui, semua pihak bergembira menyambut hadirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan.

Oleh karena itu, harus dilakukan lompatan-lompatan yang cepat agar bisa sejajar dengan provinsi lain di Indonesia.

“Provinsi baru ini harus kita siapkan pondasi sekuat-kuatnya. Butuh kontribusi semua pihak baik eksekutif, legislatif, masyarakat maupun nantinya DPD yang terpilih mewakili Provinsi Papua Selatan,” ujar Sularso.

Dia menjelaskan, salah satu tugas penting anggota DPD adalah mengawal kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Selatan.

Mitra kerjanya yaitu gubernur beserta jajaran. Sejalan dengan tugas pokok fungsi DPD yaitu membuat regulasi bersama pemerintah daerah hingga mengusulkan anggaran, pengawasan sampai pelaksanaan.

“Saya sadar bahwa saya tidak bisa masuk (maju, red) gubernur. Saya ingin melalui utusan daerah, DPD. Mudah-mudahan kita bisa saling bersinergi. Harapannya, semua bisa saling mendukung dan menguatkan dalam hal membangun Provinsi Papua Selatan. Selain itu, hadirnya provinsi bermanfaat untuk masyarakat,” lugas Sularso.

Adapun dukungan pemilih yang diserahkan ke KPU, sambung Dia, tersebar secara merata di 4 kabupaten yaitu Merauke, Mappi, Boven Digoel, dan Asmat sebanyak 1.222 orang. Terbanyak dukungan pemilih di Kabupaten Merauke sebanyak 1.088 orang.

Menurutnya, Merauke dan wilayah Papua Selatan bisa berkembang begitu cepat dan baik juga karena ada kontribusi pihak swasta. Untuk itu, semua lini memiliki peran aktif.

Sedangkan tugas pemerintah menyiapkan kebijakan, infrastruktur dan seluruh potensi diwilayah Papua Selatan seperti perikanan, perkebunan, pertanian, dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah siap.

“Mudah-mudahan, 2024 nanti setelah terpilihnya Gubernur Provinsi Papua Selatan definitif. Kami semua bisa bersinergi baik DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten untuk kepentingan masyarakat,” ucap Sularso. (Hidayatillah)

Komentar