oleh

Mantan Kapolda Papua Barat Ajak Pemda Tidak KKN dan Hindari Pungli

SORONG,- Untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016 Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar melakukan Monitoring dan Sosialisasi Saber Pungli di Wilayah Papua Barat khususnya Wilayah Sorong Raya.

Sosialisasi ini dibackup langsung Sekertaris Saber Pungli, Irjen Pol Drs Rudolf Alberth Rodja dan turut dihadiri oleh beberapa OPD Pemerintah Kota Sorong dan Pejabat TNI/Polri, giat ini berlangsung di Swiss Belhotel Sorong, Rabu (12/10/22).

Kegiatan diawali dengan sambutan Pj Wali Kota Sorong, George Yarangga yang dibacakan oleh Plt Sekda Karel Gefilem, menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi ini merupakan tugas dan tanggung jawab bagi Tim Saber Pungli yang ada di wilayah sorong raya.

“Untuk itu kami sebagai Pemerintah Daerah tentu berikan apresiasi setinggi-tingginya dan dukungan penuh atas pelaksanaan kegiatan ini sebagaimana agar dapat memberikan manfaat positif bagi setiap tugas dan peran tim sapu bersih pungutan liar yang ada di daerah seperti yang diamatkan dalam peraturan Presiden,” ujar Gefilem.

Katanya, Upaya ini juga untuk memberantas pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan kemanfaatan personil satuan kerja dan sarana prasarana baik dalam Kementerian Lembaga maupun Pemda.

Dirinya, berharap dengan adanya monitoring dan sosialisasi ini dapat memberikan pengembangan dan peningkatan SDM personil saat jasa berfungsi yang ada di wilayah Papua Barat, khususnya di Sorong Raya agar efektif dalam melakukan tugas dan tanggung jawab melakukan pengawasan terhadap pungli.

Ditempat yang sama, Rudolf Rodja menyampaikan bahwa sesuai amanat Presiden kalau seorang abdi negara tidak diperbolehkan menyusahkan masyarakat dengan melakukan pungli sebab dampaknya sangat besar dan akan memperlambat ekonomi pembangunan.

“Mari untuk itu saya mengajak kita semua agar terus bangun pemerintahan dari bebas korupsi, nepotisme dan kolusi biarkanlah pemerintahan kita tetap bersih dimata masyarakat,” ungkap Rudolf.

Sehingga, dengan adanya Perpres ini kami berharap perlu dilakukannya upaya pemberantasan agar dapat menimbulkan efek jera, serta dengan adanya satgas saber pungli dapat mewujudkan Pemerintahan yang bebas dari pengutan liar. (Mewa)

Komentar