oleh

Manfaatkan Hujan Deras, 2 Tersangka Curanmor Nikmati Dinginnya Jeruji Besi

KABUPATEN SORONG,- Polres Sorong Polda Papua Barat kembali berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), dengan mengamankan dua tersangka masing-masing berinisial HS (18) dan N (18).

Dalam keterangannya, Kapolres Sorong, AKBP Iwan P Manurung, menyampaikan bahwa kedua tersangka ini melancarkan tindak pidana curanmor tepatnya di Jl. Durian, Jalur B, Aimas, kabupaten Sorong.

“Kronologi pencurian ini bermula saat korban yang baru kembali dari tempat kerja di salah satu konter penjualan pulsa di daerah unit 2, kemudian sekitar pukul 23.00 WIT, korban memarkirkan motornya tepat di depan rumah dalam kondisi stang atau setir motor terkunci,” kata Kapolres Sorong, Selasa (9/8/22) di Mapolres Sorong.

Sambungnya, korban lalu masuk kedalam rumah untuk beristirahat, sekitar pukul 07.00 WIT pagi, korban terbangun dan bersiap-siap untuk mengantar kunci konter kepada karyawan lainnya di tempat kerjanya, namun korban ini dikejutkan dengan melihat motor miliknya sudah tak terparkir di depan rumahnya.

“Sekitar pukul 22.00 WIT, kami mendapat informasi dimana keberadaan tersangka, akhirnya anggota kami terjun ke alamat tersebut, untuk melakukan penangkapan. Awalnya tersangka sempat mengelak dengan berdalih bahwa sepeda motor ini merupakan milik dari temannya, namun setelah diinterogasi oleh anggota kami, akhirnya tersangka mengaku perbuatannya bersama satu rekannya yang berinisial N,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil pengembangan, akhirnya tersangka inisial N ini, berhasil diringkus di salah satu rumah kos di Jl. Mawar, Harapan Indah, kota Sorong, Papua Barat.

Selanjutnya, tepat pada pukul 02.30 WIT, anggota bergerak menuju tempat berbeda, tepatnya di KM. 10, kompleks Malibela, kota Sorong, untuk mengamankan satu unit sepeda motor Honda Beat milik korban yang telah disembunyikan oleh kedua tersangka.

“Tersangka berjalan di jam-jam tertentu untuk beroperasi mencari target sepeda motor yang ingin dicuri, kemudian memanfaatkan situasi dalam keadaan hujan deras, tersangka ini menggunakan modus baru yakni menggunakan korek api dengan membakar kabel kontak agar sepeda motor ini bisa dihidupkan,” terangnya.

Atas aksi kejahatannya, kedua tersangka ini dijerat dengan pasal 363 Ayat 2 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman mendekam dinginnya jeruji besi paling lama selama 9 tahun.

Selain mengamankan dua motor honda beat dari tangan tersangka ini, Kapolres Sorong juga menambahkan bahwa pihaknya telah mengamankan belasan unit sepeda motor hasil curanmor lainnya, sehingga total keseluruhan yang pihaknya berhasil amankan hingga saat ini, berjumlah 15 unit sepeda motor.

“Untuk siapa saja yang memiliki kendaraan roda dua tersebut, silahkan saja membawa identitas kepemilikan kendaraan, tentunya kami siap membantu untuk memfasilitasi kepada pemiliknya tanpa diipungut biaya sepeserpun,” tutup Kapolres Sorong. (Jharu)

Komentar