Langkah Maju Maybrat, 259 Kampung Ikuti Pilkam Serentak

MAYBRAT, PBD – Total 259 kampung di wilayah Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkam) atau Pilkades secara serentak, Selasa (24/10/23).

Adanya Pilkam pertama dan perdana di Kabupaten Maybrat, maka pemerintah daerah meliburkan seluruh aktivitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) se- Kabupaten Maybrat.

Pilkam yang berlangsung di 259 kampung ini dipantau langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Bernhard E. Rondonuwu didampingi oleh Asisten I Setda, Yohana Iek serta Kabag Pemerintahan Kampung, Klemenz Howay. Mereka turun langsung ke kampung-kampung yang ada di Maybrat.

“Ini adalah satu langkah baru dan langkah maju bagi pemerintah Maybrat. Langkah barunya itu, pemerintah sekarang ingin melegitimasi para kepala kampung dengan pemilihan serentak berdasarkan Undang-Undang Desa Nomor: 6 Tahun 2014,” jelas Bernhard Rondonuwu di Kampung Maan.

Atas dasar Undang-Undang Desa ini, lanjut dia, pihaknya langsung berkoordinasi dengan kementerian dan melahirkan Peraturan Daerah (Perda) sebagai pedoman Pilkam se- Kabupaten Maybrat.

Menurutnya, Pilkam yang dilaksanakan secara serentak ini sangat luar biasa, dimana partisipasi masyarakat terutama anak-anak muda sangat tinggi. Mereka mempersiapkan semua terkait Pilkam yakni panitia, saksi dan kotak suara. Dimana modelnya sudah seperti Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah).

“Kita harap dengan ada legitimasi hasil pemilihan kepala kampung ini. Mereka yang dipilih langsung oleh rakyatnya, pemimpin yang melihat rakyatnya. Sehingga ketika pemerintah diatasnya ingin melakukan sesuatu terkait pembangunan dapat berjalan baik karena tidak ada lagi istilah nota dan sebagainya,” kata Rondonuwu.

Disinggung soal pelantikan para kepala kampung terpilih, Rondonuwu menuturkan bahwa, pihaknya akan melihat kesiapan daripada tim panitia pelaksana yang sudah ditunjuk oleh pemerintah daerah.

“Intinya, kita sudah melaksanakan Pilkam sebelum tanggal 30 Oktober sesuai instruksi dari kementerian. Soal pelantikan kita akan berusaha secepatnya karena kepala kampung terpilih harus dilantik di kantor Bupati Maybrat,” tutupnya.

Pantauan sorongnews.com pelaksanaan Pilkam berjalan aman dan lancar, masyarakat berkomitmen menjaga kedamaian dalam pemilihan penting di kampungnya masing-masing. (Valdo)

____

Komentar