Kunjungi Kodam Kasuari, Wapres RI, Ma’ruf Amin Olah Raga Bersama Hingga Panen Semangka 

MANOKWARI, – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, beserta istri, Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin beserta rombongan mengunjungi Markas Kodam XVIII/Kasuari dan melaksanakan olah raga bersama di Jalan Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Jumat (15/10/21).

Wapres didampingi Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan beserta unsur Forkopimda Papua Barat lainnya melaksanakan olahraga bersama di Makodam XVIII/Kasuari.

Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Arm Hendra Pesireron, mengatakan, kedatangan Wapres ke Makodam XVIII/Kasuari merupakan salah satu rangkaian kunkernya ke wilayah Manokwari dan juga merupakan kunjungan yang pertama kalinya.

Kegiatan olah raga diawali dengan pemanasan dan dilanjutkan dengan jalan sehat bersama mengelilingi komplek Kodam XVIII/Kasuari. Setelah berjalan santai sepanjang 1,5 Km, Wapres melanjutkan berkeliling Kompleks Makodam menggunakan mobil Jeep Rubicon yang dikemudikan Pangdam. Usai berkeliling melihat pemandangan sekitar Makodam, Wapres mengapresiasi kreativitas Kodam dalam menata dan memanfaatkan lingkungkan.

“Saya merasa senang sekali melihat Kodam XVIII/Kasuari, pertama dari segi letak dan pemandangan ini sangat menyenangkan, memberikan semangat kita untuk bekerja dengan optimal,” tutur Wapres dikutip dari rilis tertulis Kodam Kasuari.

Menurutnya ini suatu bentuk penyiapan tempat yang luar biasa dimana Ia melihat ada tempat ibadah yang lengkap baik itu Masjid, Gereja bahkan Pura.

“Ini melambangkan tentang kebhinekaan dalam agama dan kerukunan umat agama”ujarnya.

Wapres juga mengapresiasi adanya kebun percontohan untuk menanam berbagai jenis komoditi sayuran dan buah-buahan di lingkungan Kodam.

Doc:Pendam

“Saya kira ini bisa menjadi sesuatu yang bisa dikembangkan untuk pembelajaran bagi masyarakat sehingga kita tidak perlu lagi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan kalau mungkin bisa untuk daerah lain,” ungkapnya.

Saat melihat budidaya anggrek Wapres juga kagum terhadap langkah Kodam XVIII/Kasuari. “Pengembangan anggrek ini bisa dijadikan model diberbagai Kodam begitu juga Polda lainnya dan tempat lain dan untuk di Papua Barat”ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan dirinya melihat ini sebagai potensi dan dapat dikembangkan untuk menjadi ekspor.

“Ini agar terus dikembangkan, dikelola dengan baik dan dimanfaatkan untuk kemakmuran bangsa dan juga untuk kontribusi kita dalam membangun kesejahteraan umat manusia ditingkat global,” kata Wapres.

Ia juga mengajak untuk bersyukur kepada Tuhan karena melihat alam di Papua Barat yang indah dan sebagai anugerah bagi seluruh bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres berkesempatan menandatangani prasasti Kebun Wisata dan Ketahanan Pangan “Kasuari Green” Kodam XVIII/Kasuari dan dilanjutkan penanaman pohon bersama Ibu Wapres.

Ikut dalam kegiatan ini, Kapolda Papua Barat beserta istri, Kabinda Papua Barat, Kasdam XVIII/Kasuari, Komandan Lantamal XIV Sorong, Laksma TNI Imam Musani, para pejabat Kodam dan Polda Papua Barat, Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari dan Ketua PKK Provinsi Papua Barat. (*Pendam/Oke)

____

Komentar