oleh

Kilang RU VII Kasim Ganti Boiler Upaya Tingkatkan Kehandalan dan Kapasitas Operasi

KASIM – SORONG, Dalam upaya optimalisasi peningkatan kehandalan dan kapasitas operasi kilang RU VII Kasim,PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VII Kasim melakukan peremajaan (revitalisasi) beberapa peralatan yang sudah tidak optimal dan berfungsi dengan baik lagi.

Salah satunya dengan optimalisasi utilisasi Boile. Dimana boiler existing lama mengalami penurunan kinerja yang signifikan dibawah desain operasinya hanya bisa memproduksi steam sebesar 14,8% kapasitas desain dan diprediksi kinerja Boiler 4-B-01 existing tersebut akan terus menurun. Permasalahan ini cukup mendapat perhatian khusus karena steam merupakan fluida pendukung yang cukup vital untuk operasional kilang baik di area proses kilang maupun oil movement.

Untuk memitigasi hal tersebut, kilang RU VII Kasim melaksanakan proyek penambahan 1 unit Boiler dengan kapasitas produksi steam 12,5 ton/jam lengkap dengan accessoriesnya untuk menjaga kehandalan kilang, juga untuk mendukung program peningkatan kapasitas RU VII. Boiler tersebut berjenis water tube dan dimanufaktur di Italy.

Komentar