oleh

Ketum KONI Pusat Sebut Merauke Siap Gelar PON XX/2021

 

MERAUKE, – Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (purn) Marciano Norman menilai Kabupaten Merauke siap menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tanggal 2-15 Oktober 2021 mendatang.

“PON XX Papua di Merauke secara fisik dan pembangunan venue telah siap. Masyarakat siap jadi tuan rumah yang baik, situasi dan keamanan sangat kondusif. InsyaAllah semua berjalan baik,” tutur orang nomor satu KONI Pusat kepada wartawan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke, perbatasan RI-PNG, Jum’at (4/5/21).

Letjen TNI (purn) Marciano mengatakan, selama dua hari tanggal 3-4 Juni 2021 bersama rombongan ke Merauke telah meninjau langsung sejumlah venue seperti Stadion Katalpal untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola babak penyisihan putri, sirkuit road race di Distrik Tanah Miring, Aula Archelaus Sai di Bampel, gedung cabor anggar, gulat/wushu dan media center secara umum telah siap hanya ada kekurangan kecil.

“Saya yakin dalam satu bulan ini kemajuan sangat pesat. Saya akan datang lagi paling lambat dua bulan atau sebelum dua bulan kedepan, untuk meyakinkan bahwa semua sesuai rencana yang kita buat,” ujarnya.

Setelah bertemu para tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan, Marciano menilai semua berperan mendukung PON XX. Dia optimis Merauke akan menyelenggarakan iven nasional dengan baik.

Ketum Koni pusat berpesan kepada pemda dan masyarakat bahwa sumbatan komunikasi yang masih ada segera diperbaiki. Jangan mengorbankan satu iven besar hanya karena ego. Jalur komunikasi harus berjalan baik.

“Merauke jadi tuan rumah 6 cabor PON XX. Mari sama-sama menekan angka COVID 19. Saya baru saja menerima informasi COVID di Merauke tersisa 3. InsyaAllah saatnya nol berarti kita laksanakan PON di zona hijau. Ini pertanda positif bagi dunia bahwa dimasa COVID 19, ada zona hijau di Indonesia yaitu Merauke,” demikian pungkasnya.

Pantauan Sorongnews.com, Ketum KONI Pusat didampingi Dansatgas Honai, Mayjen TNI Gustav Agus Irianto K, Dansubsatgas Tifa, Brigjen TNI Daru Cahyono, Ketua Keabsahan PON XX/2021, Soedarmo, Waketum IV KONI Pusat, Christian John, Staf Ahli KONI Pusat, Aqua Dwipayana, dan ADC Ketua Umum KONI Pusat, Samsudin mengunjungi PLBN Sota, Merauke, perbatasan RI-PNG sebelum bertolak menuju Jakarta. (Hida)

Komentar