oleh

Ketua DPD Bapera Maybrat, Kornelis Kambu Dilantik

 

MAYBRAT, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera), Papua Barat, Bernard Sagrim, melantik resmi Ketua DPD Bapera Maybrat Kornelius Kambu serta jajarannya periode 2021 – 2026 di Alun- Alun Vaitmayaf, Maybrat, Papua Barat, Senin (7/6/21).

Pelantikan ditandai penyerahan pataka dari ketua DPD Bapera Papua Barat kepada ketua DPD Bapera Maybrat.

Ketua Bapera Papua Barat, Bernard Sagrim mengungkapkan, Bapera merupakan ormas yang didirikan berdasarkan refleksi terhadap perjalanan bangsa, negara, serta perjalanan penyelenggaraan pemerintah, pembangunan juga pelayanan masyarakat maupun situasi politik yang ada di Indonesia.

“Maka evaluasi terhadap itu beberapa senior dan petinggi-petinggi kita yang peduli untuk mengawal kebijakan pembangunan maupun penyelenggaraan pemerintahan di nusantara ini. Maka senior maupun petinggi-petinggi di pusat mendirikan Bapera untuk menjawab hal-hal tersebut”, ujar Sagrim.

Menurut dia, dari pengalaman banyak ormas didirikan tapi ada beberapa yang melenceng dari substansi perjuangan sesuai AD/RTnya. Dimana Bapera berdiri tidak ada sekat-sekat dan tidak ada kepentingan soal politik, serta koordinasi atau bermitra dengan TNI/Polri di mana saja ada Bapera didirikan.

Lanjutnya, komitmen dari Bapera mengawal kebijakan pemerintah. Kemudian, merangkai semua perbedaan yang ada di nusantara jadi sebuah kekuatan terbaru untuk membangun bangsa Indonesia dari Maybrat, Papua Barat maupun Indonesia secara umum.

Sagrim juga meminta pengurus DPD Bapera Maybrat yang sudah dilantik segera lakukan konsolidasi ke distrik-distrik, kelurahan juga kampung serta mendata untuk Kartu Tanda Anggota (KTA). Karena basis Bapera ada di tingkat distrik, kelurahan dan kampung yang potensial bergabung untuk barisan pemuda nusantara.

“Kehadiran Bapera bukan hanya melakukan kegiatan yang bersifat sosial tetapi ada juga manfaat ekonomi. Dimana, DPP di Jakarta ada bentuk koperasi Bapera lalu ini akan dibentuk ditingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Maka saya minta pengurus Maybrat agar segera menyelesaikan kartu”, ujarnya.

Ketua DPD Bapera Maybrat, Kornelius Kambu menegaskan bahwa, pihaknya siap jalankan organisasi Bapera setelah dilantik secara resmi oleh Ketua DPD Bapera Papua Barat, Bernard Sagrim. Diawal ini, pengurus akan melakukan konsolidasi pada 24 distrik, 1 kelurahan dan 259 kampung di Kabupaten Maybrat.

“Kemudian, kita lakukan rekrutmen anggota sehingga KTA Bapera dapat diurus secara cepat. Intinya itu, kita bersatu pertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terpaku pada satu ideologi bangsa kita yakni Pancasila”, tegas Kornelius Kambu.

Selesai melantik para pengurus, dilanjutkan peresmian kantor sekretariat DPD Bapera berlokasi di Kartapura, Distrik Ayamaru Tengah. Dimana, kantor sekretariat ini akan digunakan sebagai wadah untuk berdiskusi bagi pengurus DPD Bapera Maybrat. [Valdo]

Komentar