oleh

Kementerian Perhubungan Resmikan 5 Unit Kapal Negara Patroli

SORONG,- Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt. Mugen S. Sartoto, mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut, telah meresmikan sebanyak 5 unit Kapal Negara Patroli yang berlangsung di Pelabuhan Umum, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (30/9/22).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, kelima unit kapal ini akan ditempatkan di lima wilayah berbeda yakni, KSOP Kelas I Sorong, UPP Kelas III Teminabuan, KSOP Kelas III Biak, UPP Kelas III Korido dan UPP Kelas III Bade.

Dikatakan Mugen bahwa, pihaknya sangat menyambut baik atas diresmikannya 5 unit kapal tersebut, hal ini merupakan perwujudan dari komitmen kementerian perhubungan sesuai amanat undang-undang nomor 17 tahun 2008 dalam rangka penegakan hukum dibidang pelayaran.

“Jadi, kita akan mempunyai tugas untuk menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran juga lingkungan maritim dalam mencegah dari polusi dengan melengkapi sarana prasarana berupa kapal patroli, mudah-mudahan hukum bisa lebih baik lagi di perairan Papua Barat dan Papua,” ungkap Mugen saat ditemui media usai meresmikan 5 unit Kapal Negara Patroli.

Dibeberkannya, keberadaan Kapal Negara Patroli yang ditempatkan pada UPT sangat penting dan menjadi keharusan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi penjagaan lautan pantai terutama penegakan aturan keselamatan dan keamanan pelayaran dalam tindakan pencegahan dan penanggulangan pencemaran serta membantu melaksanakan pencarian dan penyelamatan jika terjadi kecelakaan pelayaran khususnya di wilayah kerja masing-masing.

“Kita berusaha untuk mewujudkan kondisi ideal, kita tahu bahwa Papua ini kan sangat luas wilayah operasionalnya, tetapi melihat juga dari kemampuan anggaran negara, jadi kami akan menggunakan skala prioritas, mana yang dibangun, diserahkan terlebih dahulu, tetapi pada intinya kita akan menuju ke kondisi ideal yang kita harapkan,” terangnya.

Terkait dengan kondisi tersebut, dipaparkannya bahwa Kementerian Perhubungan terus berupaya meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayanan dengan menambah sarana dan prasarana termasuk dengan membangun armada Kapal Negara Patroli.

Dengan bertambahnya unit Kapal Negara Patroli, dirinya berharap dapat semakin memperkuat armada Kapal Patroli yang sudah ada dalam menciptakan keselamatan, hingga mempertahankan kesatuan dan keutuhan Negara dalam menjaga laut indonesia dari segala bentuk gangguan, ancaman dan mencegah serta menangani kerusakan lingkungan laut.

Hal senada pun disampaikan oleh Kepala KSOP Kelas III Biak, Oktovianus Karubaba saat ditemui media usai meresmikan 5 unit Kapal Negara Patroli.

Dijelaskannya, satu hal yang menjadi kebanggaan ialah perhatian Kementerian Perhubungan secara penuh terhadap wilayah Papua dan Papua Barat melalui bantuan kapal untuk mengantisipasi terjadinya berbagai tindak pelanggaran di wilayah perairan.

Pada kesempatan yang sama, dirinya menambahkan bahwa bantuan dari Kementerian Perhubungan ini juga sekaligus memberikan prioritas untuk melihat Papua dalam mengembangkan Papua yang lebih baik kedepannya.

Tak lupa juga, sebagai Kepala KSOP Kelas III Biak, dirinya turut menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Menteri Perhubungan bersama jajaran lainnya. (Mewa)

Komentar