Kemenparekraf Alokasikan 45 Milyar Bangun Hutan Wisata Mangrove Klawalu

SORONG,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, melaksanakan kunjungan kerja di Kota Sorong, Papua Barat dengan mengunjungi kawasan wisata hutan Mangrove Klawalu, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/21).

Dalam keterangannya usai meninjau langsung pembangunan fasilitas taman Mangrove mulai dari alam terbuka, taman bakau sampai jalur sepeda, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Ia ditugaskan Presiden di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diakibatkan pariwisata Indoneisa sedang tidak baik- baik saja. Apalagi ditengah badai Pandemi Covid-19, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

“Kita sekarang ditugaskan Bapak Presiden di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, karena pariwisata dan perekonomian yang tidak baik-baik saja,” ungkap Sandi.

Hal tersebut diakibatkan sebanyak 34 juta masyarakat Indonesia kehilangan lapangan pekerjaan akibat dengan situasi mewabahnya pandemi Covid-19. Namun pemerintah terus menerus berupaya untuk melakukan pemulihan ekonomi, salah satunya mendorong kembali geliat pariwisata.

Dijelaskannya, kebersamaan itu yang menjadi kunci kita dalam mengendalikan pandemi dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Jadi kuncinya adalah bergandengan tangan pastikan bahwa kepulihan ini bisa secara bertahap dan bertingkat serta berkelanjutan kita wujudkan,” jelas Sandi.

Lebih lanjut, Ia berupaya dengan sekuat tenaga mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Indonesia timur khususnya kota Sorong sebagai pusat dari tranportasi pergerakan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

“Jadi kita ingin mereka tidak hanya menjadi rohali (rombongan hanya lihat-lihat) akan tetapi menjadi rojali (rombongan jadi beli-beli produk),” kata sandi sontak membuat berkesan.

Pada kesempatan yang sama, Ia menuturkan bahwa pemerintah juga akan bekerjasama apalagi nanti akan dilaksanakan G20, dimana Indonesia akan kembali mempromosikan mengenai destinasi wisata menarik di seluruh Indonesia termasuk wilayah Timur Indonesia.

Menurutnya potensi wisata dan kuliner di Papua sangat banyak, mulai dari ulat sagu, sampai papeda bahkan teh dari pinang menjadi daya tarik bagi masyarakat di luar Papua.

“Kita lihat 45 Miliar sudah dianggarkan untuk pembangunan taman Mangrove Klawalu, kedepannya saya beri apresiasi kepada tokoh masyarakat karena keihklasan dan kemurahan hati dari pemilik hak ulayat, sehingga wilayah dari kementerian akan menyerahkan kepada pemerintah kota untuk dikelola dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya perhatian dari kementerian pariwisata kepada pariwisata di daerah diikuti dengan keseriusan pemerintah daerah dalam mengelola pariwisata di daerahnya masing-masing. (Oke)

___ __ ___

Komentar