Kasus Pengedar Pil Koplo Dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Manokwari

MANOKWARI, PAPUA BARAT – Satuan Reserse Narkoba Polresta Manokwari melimpahkan kasus pengedar psikoterapi jenis pil Koplo inisial A ketahap dua di Kejaksaan Negeri Manokwari, Selasa (20/6/23).

Kasat Narkoba Polresta Manokwari, Iptu Lukas Rosihol mengungkapkan, kronologi penangkapan pria berinisial A pada 14 April 2023 di Jalan Pasir, Manokwari, Provinsi Papau Barat oleh anggota Sat Narkoba.

___

“Pelaku berasil ditangkap di Jalan Pasir dengan dengan barang bukti sebanyak 564 pil Koplo,” bebernya.

Iptu Lukas menjelaskan, pelaku memesan obat tersebut dari Pulau Jawa dan langsung diedarkan di Kota Manokwari dengan Harga 4 pil senilai Rp 100.000.

Dia menegaskan, Obat pil Koplo sudah di dicabut ijin edarnya oleh Balai Pom dan tidak boleh digunakan.

Hal itu dikarenakan, peminum obat pil koplo akan menagalami efek mabuk. Bahkan, sambung Kasat Narkoba, sebelum dicabut izin edarnya, obat tersebut dipakai khusus untuk orang dalam gangguan jiwa (ODGJ),

“Kini pelaku berinisial A sudah kami limpahkan ketahap dua dengan barang bukti 564 pil ke Kejaksaan Negeri Manokwari hari ini dan diterima langsung oleh Kasi Pidum Kejaksaan Negri Manokwari,” ucap Iptu Lukas..

Dia menambahkan, berkasnya pun dinyatakan lengkap untuk dilanjutkan ke persidangan.

Pelaku dijerat Undang-Udang Cipta Kerja dengan Pasal 196 ancaman 10 tahun penjara dan pasal 197 Undang-Undang Kesehatan dengan ancaman pidana kurungan 15 tahun penjara. (Rolly/05)

___ ___

Komentar