Jelang Ramadhan, Peziarah Padati TPU Km 13 Kota Sorong

SORONG, PBD – Menjelang bulan suci Ramadhan, hampir seluruh umat Islam di Indonesia melakukan tradisi ziarah kubur. Pelaksanaan ziarah kubur ini merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap orang-orang terdahulu yang telah tiada.

Berdasarkan pantauan Sorongnews.com, peziarah memadati kuburan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Km 13, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Minggu (10/3/24).

Sejumlah peziarah berdatangan berombongan dengan membawa alat kebersihan, air hingga bunga. Terlihat sejumlah peziarah sibuk membersihkan makam kerabat mereka bahkan peziarah nampak memanjatkan doa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Sejumlah peziarah mengaku ziarah kubur yang dilakukan merupakan agenda rutin menjelang bulan suci Ramadhan.

“Ini agenda (ziarah kubur) rutin setiap memasuki bulan Puasa, masyarakat datang disini untuk membersihkan kuburan sekaligus mengirimkan Al-Fatihah (mengirimkan doa) kepada kerabat yang telah meninggal dunia,” ujar Ardi kepada Sorongnews.com, Minggu (10/3/24).

Terlihat, selain orang dewasa yang memadati area perkuburan, nampak juga sejumlah anak-anak di area perkuburan.

Diketahui selain TPU Km 13, terdapat sejumlah TPU lainnya di Ibukota Provinsi Papua Barat Daya, Kota Sorong, yang dipadati peziarah diantaranya TPU Km 10 Masuk dan TPU Rufei.

Hingga berita ini diterbitkan, peziarah terus menerus berdatangan memadati area perkuburan, diketahui area perkuburan akan dipadati peziarah pada Minggu sore (10/3/24) dan Senin (11/3/24) besok. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar