Hasil Rukyatul Hilal di Kota Sorong Hanya 0,1 Derajat 

SORONG, PBD – Tim hisab dan rukyat Kantor Kementerian Agama Kota Sorong melaksanakan pemantauan Rukyatul Hilal 1 Ramadhan 1445 H/2024 M bertempat di Kasuari Valley Beach Resort, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Minggu (10/3/24).

Dari hasil pantauan itu, hilal tidak terlihat. Diketahui, ketinggian hilal hingga berakhirnya pemantauan rukyatul hilal berada pada posisi minus 0,1 derajat.

___

“Sekarang sudah pukul 18.34 WIT, saat ini dari hasil pemantauan kami hilal tidak terlihat. Hilal berada pada posisi minus 0,1 derajat,” ujar Kepala BMKG Kota Sorong, Dedy Irjayanto, Minggu (10/3/24).

Diterangkannya bahwa, hasil pemantauan hilal tetap akan dikirimkan langsung kepada Kementerian Agama (Kemenag) RI. Namun hingga saat ini pihaknya menunggu keputusan resmi sidang isbat untuk penentuan awal Ramadan 1445 H.

“Untuk penentuan 1 Ramadan 1445 H di Kota Sorong, saat ini tidak terlihat, namun kita masih menunggu dari hasil sidang isbat,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan Sorongnews.com, dari hasil pantauan hingga batas waktu yang ditentukan, hilal tidak terlihat meski cuaca cerah tanpa halangan.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sorong, Rofiul Amri mengatakan bahwa, dari pantauan Tim hisab dan rukyat Kantor Kemenag Kota Sorong dan BMKG, pihaknya berkeyakinan hilal akan jatuh pada Selasa (12/3/24).

“Belum bisa melihat hilal, sebagaimana pemaparan BMKG tadi, maka berkeyakinan puasa akan jatuh pada hari Selasa, karena kita melihat ketinggian hilal di hari Selasa itu berada dalam posisi 13 derajat di Kota Sorong ini,” kata Kepala Kemenag Kota Sorong, Rofiul Amri usai memantau hilal, Minggu sore (10/3/24).

Dipaparkannya bahwa, pihaknya masih melakukan pemantauan hingga prosesi hilal dapat terlihat.

“Kami masih melakukan pemantauan sampai detik terakhir prosesi hilal itu bisa liat, sehingga kita menunggu dari titik-titik di daerah tengah dan barat. Kita menunggu, kalau semua tidak terlihat, kita menunggu sidang isbat apakah ditentukan besok atau hari Selasa,” paparnya.

Kepala Kemenag Kota Sorong itu menandaskan bahwa, pihaknya masih menunggu keputusan resmi yang dikeluarkan pada pelaksanaan Sidang Isbat di Jakarta.

“Kementerian Agama se-Sorong Raya ini menunggu keputusan resmi dari sidang isbat di Jakarta,” tandasnya. (Jharu)

___ ___

Komentar