H-6 Menuju Pemilu, KPU Distribusi Logistik ke Seluruh Distrik di Kabsor

KABUPATEN SORONG, PBD – H minus 6 menuju pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024, mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong secara resmi mendistribusikan logistik Pemilu ke masing-masing Distrik.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith saat ditemui sejumlah awak media di Gudang Logistik KPU Kabupaten Sorong, Kamis (8/2/24).

“H-6 menuju pemilu, kami KPU Kabupaten Sorong mulai melakukan pendistribusian logistik ke 30 Distrik yang ada di Kabupaten Sorong, tentunya kami dari pagi sudah siap, armada (kendaraan) sudah dikerahkan ke gudang untuk melakukan pemuatan mulai dari kotak suara, bilik suara, surat suara, hingga kelengkapan TPS lainnya,” ucap Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith, Kamis (8/2/24).

Dipaparkannya bahwa, dari 30 Distrik yang akan didistribusikan logistik, terdapat beberapa Distrik yang menunggu giliran untuk dilakukan pendistribusian.

“Tentunya kami akan distribusi ke 30 Distrik, tetapi memang ada beberapa Distrik tetap stay, namun kita rencanakan selesaikan hari ini, yang belum dikirim akan dikirim sore ini, kirim ke distrik-distrik sesuai jadwal dan tahapan yang ada,” paparnya.

Dijelaskannya bahwa, sebelum melakukan pendistribusian dimasing-masing Distrik, pihaknya telah melakukan pleno, sehingga ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan dalam pendistribusian logistik menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kita sebelum melakukan pendistribusian, kita melakukan pleno terlebih dahulu, kita menetapkan tanggal 8-10 Februari 2024 untuk dilakukan pendistribusian dari KPU Kabupaten Sorong ke teman-teman PPD, nanti dari PPD melakukan pendistribusian menuju PPS pada tanggal 10-12 Februari 2024. Setelah itu, teman-teman PPS mengecek semua logistik sesuai dengan kebutuhan masing-masing wilayahnya, lanjut ditanggal 12-13 Februari 2024 melakukan pendistribusian ke masing-masing TPS sesuai dengan wilayah kerja KPPS masing-masing,” jelasnya.

Frengki membeberkan, terdapat wilayah Distrik nampak sulit diakses dikarenakan memiliki medan jalan yang berat, sehingga pihaknya telah mengantisipasi dengan menyiapkan kendaraan yang mendukung.

“Letak geografis Distrik Klaso dan Distrik Saengkeduk memang kita sudah mengantisipasi dengan menggunakan kendaraan yang bisa dijangkau, kami menggunakan kendaraan double cabin, karena disekitaran situ wilayah tanjakannya rusak sekali, itu menjadi atensi kami untuk menggunakan mobil double cabin,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong, Agustinus Simson Naa menyampaikan bahwa, dalam pendistribusian logistik menuju masing-masing Distrik, pihaknya telah mengawasinya dengan ketat, dengan menerjunkan anggota Bawaslu disetiap Distriknya.

“Berkaitan dengan pendistribusian logistik oleh KPU, kami Bawaslu Kabupaten Sorong tetap mengawasi secara ketat. Hari ini ada 26 Distrik yang direncanakan oleh KPU untuk melakukan pergeseran (pendistribusian) logistik, kami telah menurunkan personel (anggota pengawasan pemilu) kami untuk mengawasi secara ketat 26 Distrik yang bersangkutan,” terang Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong, Agustinus Simson Naa, Kamis (8/2/24).

Dirinya menyebutkan, dalam pendistribusian logistik, pihaknya bertugas untuk mengawasi agar keseluruhan logistik yang distribusikan tepat sasaran.

“Nanti tugas kami adalah bagaimana mengawasi logistik yang ada ini tepat sasaran, tepat jumlah, sesuai dengan yang telah disortir di Gudang KPU Kabupaten Sorong,’ sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong itu menegaskan bahwa, kekurangan surat suara yang telah terjadi sebelumnya secara keseluruhan sudah terpenuhi sebelum dilakukannya pendistribusian ke masing-masing Distrik.

“Untuk kekurangan surat suara kemarin, Ketua KPU Kabupaten Sorong sudah pergi di Jombang, menjemput dan seluruh logistik sudah terpenuhi,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan Sorongnews.com, puluhan kendaraan roda empat nampak memenuhi sekitaran Gudang Logistik KPU Kabupaten Sorong guna mengangkut logistik pemilu. Sejumlah anggota dari kedua lembaga penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu tengah sibuk mengangkut logistik kedalam kendaraan.

Selain itu, sejumlah personel gabungan TNI-Polri tampak berjaga disekitaran lokasi. Akibat sekitaran lokasi dipenuhi kendaraan yang akan memuat logistik, ruas jalan nampak ditutup dan kendaraan yang akan melintas dialihkan diruas jalan sebelahnya.

Hingga berita ini diterbitkan, wartawan Sorongnews.com masih melakukan pemantauan jalannya pendistribusian logistik di wilayah tersebut. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar