Gusti Sagrim : Pertanyakan Keberadaan Pemerintah Kota Sorong Tanggapi Korban Ledakan Gas

SORONG,PBD – Anggota DPRK Kota Sorong Auguste CR Sagrim turut memberikan Perhatian terhadap peristiwa kebocoran tabung gas LPG yang terjadi Rabu malam (29/5/24) hingga menewaskan 6 orang warga.

Dirinya yang turut hadir dirumah duka kelurga korban di Kampung Salak, Jumat (31/5/24) bersama anggota DPRK lainnya yaitu Samsudin Johan, La Ode Samsir menyayangkan kejadian tersebut.

__ ___

Kepada Awak media, Gusti Sagrim mengatakan kinerja yang selama ini terjadi di kalangan pemangku kepentingan terutama pemerintah Kota yaitu tunggu ada kejadian kemudian baru direspon, sangat merugikan warga.

“Sampai hari ini Saya belum diberi tahu kalau ada pejabat pemerintah Kota turun datang lihat kesini dan ambil langkah seperti apa. Seakan pemerintah daerah tidak hadir disini,” tegas Sagrim.

Ia pun mengkritisi Pertamina yang kurang melakukan sosialisasi terkait penggunaan tabung gas bagi masyarakat. Misalnya terkait kebocoran gas tanpa menimbulkan bau, harus seperti apa upaya dari masyarakat agar tidak timbul ledakan.

“Sebenarnya kita harus mengikuti kebijakan-kebijakan pusat turunan hingga ke daerah. Contoh Pertamina dalam kebijakannya, aromatik dari LPG mulai dihilangkan, lalu sebagai warga kita mengetahui kebocoran gas itu bagaimana, apalagi bocornya halus,” tanyanya.

Gusti menambahkan, jika ada kebijakan seperti itu, perlu ada edukasi dan proteksi bagi warga pengguna Gas.

“Disitulah pemerintah harus hadir, bagaimana dengan kebijakan Pertamina Pusat yang menganjurkan penggunaan gas yang di gunakan warga untuk keperluan sehari-hari, perlu segera disosialisasikan mengenai edukasi dan proteksi dengan memanggil Pertamina di daerah. Jangan sampai masyarakat jadi korban kebijakan tersebut,” tegasnya.

Ditanya menyangkut langkah DPR menyikapi hal ini, Gusti Sagrim mengatakan akan mendorong Komisi 2 untuk melakukan pertemuan dengan pemerintah dan Pertamina sehingga tidak ada lagi kejadian serupa kedepan.

“Saya juga pengguna LPG, namun dengan adanya kejadian seperti ini, saya mulai was-was jangan sampai bocor halus karena selang digigit tikus sedangkan aromanya tidak tercium, itu bisa bahaya,” tutupnya (Ali).

___ __ ___ ___

Komentar