Gubernur Papua Selatan Tegaskan Pembangunan Jalan Harus Dilakukan Bersama

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Demi mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satu program menyentuh langsung masyarakat yang dilaksanakan pemerintah adalah membangun atau melakukan pemeliharaan infrastruktur jalan.

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo mengatakan, pembangunan peningkatan dan pemeliharaan jalan selama ini terpaku pada wewenang atau tanggungjawab Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi dan kabupaten/kota.

“Kedepan kita sudah mengusulkan bahwa jalan tidak ada lagi wewenang pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Tapi jalan ini kita sebut sebagai jalan pemerintah, jalan kita bersama,” tegas orang nomor satu di Papua Selatan saat diwawancara wartawan di Merauke, Kamis (2/3/23).

“Siapa saja yang memiliki potensi sumber daya untuk bisa memperbaiki, meningkatkan maupun membangun jalan itu harus kita lakukan secara bersama-sama. Tidak boleh kita saling melemparkan tanggungjawab. Semua tanggungjawab kita,” sambungnya.

Dikatakan, sasaran dari pelaksanaan program percepatan pembangunan adalah kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya telah membangun koordinasi dengan pemerintah pusat juga menyampaikan aspirasi kepada Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua, H Sulaeman L Hamzah agar kedepan tidak ada lagi pembatasan atau pembagian kewenangan membangun jalan yang merupakan sektor transportasi.

Terlebih kini banyak ruas jalan rusak diwilayah Kabupaten Merauke, Papua Selatan yang harus menjadi perhatian bersama.

Sejalan dengan upaya pemerintah mendongkrak 3 sektor jaring roda perekonomian yaitu produksi, distribusi, dan pasar.

“Kita semua punya tanggungjawab yang sama untuk memperbaiki sektor-sektor transportasi terutama jalan,” tandas gubernur. (Hidayatillah)

___

Komentar