BWS Papua Merauke Serah Terimakan Hasil Pekerjaan P3-TGAI di 24 Lokasi, Roberth Rouw: Saya Mengecek

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Merauke menggelar acara serah terima hasil pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun anggaran 2023

Provinsi Papua Selatan yang merupakan program jalur aspirasi Wakil Ketua Komisi V DPR RI Dapil Papua Fraksi NasDem, Roberth Rouw.

___ ___ ___ ___

Pantauan Sorongnews.com, acara serah terima ditandai penandatanganan berita acara oleh petani penerima manfaat P3-TGAI, kepala kampung, dan BWS Papua Merauke disalah satu Hotel Merauke, Rabu (13/12/23).

Disaksikan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw dan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, dan pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Merauke.

Kepala BWS Papua Merauke, Magdalena Tanga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Terutama petani penerima manfaat P3-TGAI di 24 titik lokasi dari 5 distrik Kabupaten Merauke meliputi Tanah Miring, Semangga, Sermayam, Jagebob dan Kurik.

“Program ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan terutama untuk peningkatan kesejahteraannya. Masyarakat sangat membutuhkan P3-TGAI secara berkelanjutan,” ungkap Magdalena Tanga.

Dikatakan, petani penerima yang menentukan lokasinya, merencanakan, menggunakan anggaran dan melaksanakan program padat karya tersebut. Sedangkan, BWS Papua Merauke selaku penyelenggara

“Ini salah satu program pemerintah untuk kelangsungan hidup masyarakat. Terlebih Merauke sebagai lumbung padi dan Ibu Kota Provinsi Daerah Otonomi Baru (DOB),” ujarnya.

“Kedepan, jika tidak ada peningkatan tata guna air maka akan menjadi lahan alih fungsi dan pemukiman masyarakat menjamur dilokasi tersebut,” imbuh Kepala BWS Papua Merauke.

Magdalena berharap, bersama kepada Ketua Fraksi NasDem DPR RI L, Roberth Rouw dan Bupati Merauke untuk bergandeng tangan memajukan daerah dengan kembali memperjuangkan P3-TGAI diwilayah kewenangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang ada di Provinsi Papua Selatan.

Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw mengakui, kehadirannya sebagai wakil rakyat untuk mengecek implementasi P3-TGAI sekaligus reses. Sesuai tugas pokok DPR yaitu pembuat undang-undang, menyetujui anggaran bersama pemerintah dan pengawasan.

“Hari ini saya melakukan pengawasan, melihat, mengecek apakah P3-TGAI sudah berjalan dan apakah bermanfaat untuk masyarakat. P3-TGAI ini program aspirasi,” jelasnya.

Kedepan, kata Roberth Rouw, pihaknya masih memiliki program jalur aspirasi P3-TGAI sebanyak 225 paket. Sebagian besar program tersebut bisa disalurkan kembali ke Merauke, Papua Selatan.

“Saya juga berterima kasih kepada semua mitra yang telah bekerjasama membangun daerah. Kalau ada usulan program bisa disampaikan kepada bupati dan saya, kami berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat Ibu Kota Provinsi Papua Selatan,” pesan legislator di senayan dua periode.

Sementara itu, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengapresiasi bantuan P3-TGAI jalur aspirasi Waket Komisi V DPR RI, Roberth Rouw.

“Beliau sangat respek sekali, tanggap membantu aspirasi masyarakat. Luar Biasa, saya pikir ini cukup baik dan selalu berkoordinasi dengan kami,” ucapnya.

“Saya bersyukur sekali untuk semuanya mau bekerjasama membangun negeri ini. P3-TGAI datang sangat membantu petani. Selalu saya bilang, semua program dan uang yang datang kesini. Tidak datang gratis, tapi kita omong (usulkan, red),” ujar Romanus Mbaraka.

Menurut bupati, Merauke sebagai lumbung pangan nasional perlu dukungan yang besar dan kontinyu dilakukan, tidak bisa terputus-putus. Terlebih khusus dukungan infrastruktur dan pemberdayaan petani.

“Misal bina marga, kita perlu jalan utama jadi bagus dikawasan sentra produksi dan pusat kota seperti pasar. Lalu kita perlu pengairan yang baik bidang irigasi, longstorit, pendali, drainase lengkap dengan pintu air. Kemudian, kita perlu irigasi saluran kuarter/cacing, tersier, primer. Hal itu kita komunikasi dengan lintas sektor,” lugas Romanus Mbaraka.

“Sebagai pimpinan harus mengerti sumber dukungan dapat darimana. Salah satunya, komunikasi dengan departemen pemerintahan dan DPR RI karena ada alokasi aspirasi. Kita lihat, NasDem mendukung penuh lewat bantuan jalur aspirasi Pak Roberth Rouw berupa infrastruktur P3-TGAI. Dukungan ini riil diberikan berkaitan dengan kehidupan orang kecil. Petani dikasih program swadaya saluran kuarter untuk disalurkan ke sawah,” tandas Bupati Merauke. (Hidayatillah)

___ __

Komentar