BPIP Anugerahi 76 Prestasi Pancasila, Salah Satunya Dari Papua Barat

SORONG, – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) atau yang dulu bernama Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) kembali mengumumkan anugerah Prestasi Pancasila untuk 76 orang dengan 5 kategori yakni Olahraga, Seni dan Budaya, Sains dan Inovasi, Sosial Enterpeneur dan Kemanusiaan serta Penggerak Lintas Iman. Anugerah ini disampaikan pada Rabu (10/11/21) malam melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP RI.

Kepala BPIP RI Yudian Wahyudi dalam sambutannya mengatakan, penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila ini dalam rangka mewujudkan Pancasila sebagai sumber keteladanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diselenggarakan pemilihan Prestasi Pancasila sebagai bentuk promosi Pancasila dalam tindakan, melalui pemilihan para tokoh yang telah membudayakan nilai-nilai Pancasila baik dalam wujud prestasi, inspirasi pemikiran, ketenagaan, maupun aktivitas lain yang menyokong harmoni antar suku, agama, etnis, Bahasa dan praktik-praktik lainnya,” katanya sebagaimana dikutip melalui siaran langsung Youtube BPIP RI.

Yudian menambahkan, pengalaman-pengalaman tersebut dapat mendukung pembumian Pancasila bagi bangsa Indonesia. Sehingga ia berharap, dengan adanya penganugerahan itu, para tokoh yang terpilih dapat menjadi mitra strategis BPIP dalam berkolaborasi membumikan nilai-nilai Pancasila di dalam masyarakat. “Saya percaya bahwa tokoh-tokoh yang penting ini mampu memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan kemanusiaan,” ucapnya.

Seperti diketahui, BPIP RI menganugerahkan penghargaan Ikon Prestasi Pancasila saban tahunnya kepada beberapa tokoh, individu, komunitas, hingga lembaga yang memiliki kontribusi penting dalam pembumian ideologi Pancasila melalui berbagai gerakan.

Uniknya, BPIP memberikan penghargaan dengan jumlah nominator berdasarkan angka usia Indonesia. Di tahun 2021 ini usia Indonesia mencapai 76 tahun, maka BPIP memberikan anugerah terhadap 76 orang.

“Tahun ini seleksi dan prosesnya sangat ketat dan memakan waktu yang cukup lama. Biasanya Ikon Prestasi Pancasila ini diumumkan bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan RI. Namun untuk tahun ini diumumkan pada Hari Pahlawan, yaitu 10 November 2021. Begitu juga acaranya disiarkan dari hotel yang dulu sangat bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Lia, salah seorang pembawa acara.

Hotel Majapahit, yang sebelumnya dikenal dengan nama Hotel Yamato dan Hotel Oranje di Surabaya, Jawa Timur menjadi lokasi acara pengumuman penghargaan Ikon Prestasi Pancasila 2021 tersebut.

Salah satu nominator di bidang Sosial Enterpreneur dan Kemanusiaan, Rakeeman R.A.M. Jumaan mengatakan dirinya merasa sangat senang dan tidak menduga dapat memperoleh anugerah Ikon Prestasi Pancasila 2021.

“Perasaan saya sangat senang karena terpilih dan mendapat apresiasi dari BPIP RI,” katanya ketika dimintai keterangan.

Pancasila bagi dia, adalah wahana pemersatu anak bangsa yang beragam suku, agama, dan budaya.

Jumaan yang merupakan pegiat literasi Rumah Baca “Hiti-Hiti Hala-Hala” Ambon, Maluku dan mubaligh daerah Jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) Papua Barat itu menaruh harapan kepada anak-anak muda supaya tak kenal lelah dalam berkarya mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Berkarya dan terus berkarya untuk negeri dengan bakat dan talenta kita masing-masing serta konsisten dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada,” pungkasnya. (Rilis)

__ ___ __ ___ __ ___ ___

Komentar