Blusukan Pasar Pagi Warmon dan Jempur, Bernard Sagrim Tampung Aspirasi Mama Papua

SORONG, PBD – Bakal calon (Balon) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Drs Bernard Sagrim, M.M, mulai melakukan sejumlah kegiatan jelang pemilukada 2024.

Calon terkuat yang digadang-gadang akan menduduki posisi PBD 01 ini, disambut antusias sejumlah Mama Mama Papua ketika blusukan di Pasar Pagi Warmon Kabupaten Sorong dan Pasar Ikan Jembatan Puri Kota Sorong, Jumat (5/4/24).

Kedatangan Mantan Bupati Kabupaten Maybrat 2 Periode tersebut menjadi perhatian warga ketika berbelanja dilapak mama Papua sambil berdiskusi terkait isu ekonomi dengan pedagang.

Dalam blusukan dan bincang dengan pelaku ekonomi, Sagrim menemukan sejumlah aspirasi yang dikemukakan pedagang lokal diantaranya menyangkut lokasi, regulasi dan bantuan dana.

Menurutnya lokasi dan infrastruktur pasar yang tersedia perlu ditingkatkan sehingga mama mama Papua punya tempat yang layak. Sedangkan menyangkut regulasi, diminta untuk dibuatkan Perda terkait komoditas yang di jual.

“Jangan sampai orang Papua sudah jual pinang, ikan yang mereka mancing, jual keladi kemudian saudara kita nusantara jual yang sama sehingga aspek pasarnya tidak menguntungkan orang Papua. Tentu ini perlu adanya regulasi agar orang Papua jual apa, saudara kita jual apa,” kata BS sapaan akrab Bernard Sagrim.

Dirinya menambahkan pemisahan komoditas dagang yang dijual dikarenakan kepemilikan modal mama Papua sangat kecil dan terbatas.

“Mereka ini kan tidak ada support dana, bahkan ada yang menyuarakan, Bapak kalau bisa bantu kita modal kaa. Ini berarti soal aspek modal investasi tidak ada. Jadi kita harus menangkap itu sehingga bisa diatur regulasinya,” beber Sagrim.

Terkait bantuan dana, diakuinya banyak lembaga perbankan maupun lembaga keuangan non perbankan, namun akses untuk mendapatkan dana tidak ada yang membantu.

“Pemerintah harus hadir menjadi berkat buat mereka. Jangan pemerintah hadir hanya membangun jalan, jembatan, infrastruktur sementara ekonomi diabaikan. Justru ekonomi sangat penting. Kalau mereka sudah kuat secara ekonomi dan masif maka pemerintah tidak akan repot karena sektor lain akan bergerak dengan sendirinya,” Ujar BS

Dari pantauan Sorongnews.com permintaan pedagang ikan di jempur mengenai ketersedian payung jualan akan segera di realisasikan Balon Gubernur Papua Barat Daya ini dengan akan memberikan 100 buah Payung. (Ali)

___

Komentar