Baru Dilantik, Pangdam XVII/Cen Mayjen TNI Izak Pangemanan Kunker ke Papua Selatan

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Baru dilantik 25 Mei 2023 lalu, Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih (Pangdam XVII/Cen), Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Izak Pangemanan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Komando Kewilayahan Pertahanan di Provinsi Papua Selatan.

Pantauan Sorongnews.com, Pangdam XVII Cen bersama Ketua Persit KCK XVII/Cenderawasih, Juliet Izak Pangemanan dan rombongan tiba di Bandar Udara Mopah Merauke, Rabu (7/6/23).

Disambut oleh Danrem 174/Anim Ti Waninggap Merauke, Brigjen TNI Agus Widodo, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, Sekda PPS, Maddaremmeng, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dan Forkopimda Merauke dan keluarga besar Korem 174/ATW.

Diwarnai penyambutan oleh tari-tarian adat khas Papua dan pemasangan mahkota Papua, cawat serta noken.

“Saya kesini kunker berkaitan saya menjabat sebagai Pangdam XVII/Cen. Tentunya sebagai pejabat yang baru dilantik, saya perlu melihat seluruh satuan yang ada di Papua khususnya saat ini di Merauke dan Mappi, Provinsi Papua Selatan,” ungkapnya kepada wartawan di VIP Bandar Udara Mopah Merauke, Papua Selatan.

Dia menjelaskan, kehadirannya sekaligus menyampaikan kebijakan-kebijakan dalam melaksanakan tugas TNI di Papua Selatan.

“Kebijakan kita tentunya mengacu pada kebijakan negara,” beber jebolan Kopassus.

Dia merincikan, kebijakan yang diambil berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. Inpres Nomor 9 Tahun 2017, Kepres Nomor 20 Tahun 2020, Inpres Nomor 9 Tahun 2020, PP Nomor 106 dan 107 Tahun 2021 serta Perpres Nomor 121 Tahun 2022.

“Semua mengamanatkan percepatan pembangunan Papua sehingga strategi kami adalah strategi dalam rangka mendukung Pemerintah Daerah untuk percepatan pembangunan,” Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Pangdam pun melakukan tatap muka dengan Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat di Swiss-belHotel Merauke pada malam harinya.

Hari kedua, Kamis (8/8/23), Mayjen TNI Izak akan melanjutkan kunker ke Kabupaten Mappi sekaligus dalam rangka penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kampung Homlikya. (Hidayatillah)

____

Komentar