Bantuan untuk Pengungsi Banjir Rob Merauke Mulai Berdatangan

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Bantuan untuk para pengungsi bencana banjir air rob diwilayah Buti dan Payum, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan terus berdatangan.

Pantauan Sorongnews.com, berbagai bantuan tertumpuk didepan posko evakuasi bencana banjir air rob di GOR Head Sai Merauke, Minggu (17/3/24).

Tampak bantuan tersebut tertulis dari Kementrian Sosial RI, komunitas dan berbagai elemen masyarakat yang peduli.

“Bantuan banyak sekali, ada catatan kami. Dari Pemkab Merauke, Pak Bupati sendiri yang langsung tindak lanjuti,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merauke, Romanus Sujatmiko.

“Pak Pj Gubernur Papua Selatan kemarin datang lihat juga. Ada bantuan dari pemerintah provinsi terkait makanan, pembalut, popok bayi. Kemudian ada bantuan dari masyarakat yang tidak bisa kami sebut satu persatu,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, bantuan-bantuan yang mengalir akan diserahkan kepada para pengungsi. Ada bantuan pakaian layak pakai, makanan dan minuman serta banyak lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Neville R Muskita menjelaskan, ada 2 tim tenaga kesehatan yang bertugas secara bergantian melayani para pengungsi selama 24 jam.

Adapun penyakit yang perlu diwaspadai yaitu Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), diare, malaria, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit-penyakit kronis yang mungkin telah ada sebelumnya diantara para pengungsi.

Terlihat tim rescue dan Pramuka turut ambil bagian mendukung pelayanan prima BPBD Merauke kepada 795 orang pengungsi. (Hidayatillah)

___

Komentar