oleh

Babinsa Koramil Ayamaru Bantu Warga Binaan Buat Kebun Percontohan

 

MAYBRAT, – Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1809-01/Ayamaru, Kodim 1809 Maybrat bantu warga binaan membuat kebun percontohan atau demlot berlokasi di lahan milik Derek Safkaur, Ayamaru Selatan, Kamis (10/6/21). Keterlibatan Babinsa ini, tidak lain turut menyukseskan ketahanan pangan keluarga di Maybrat.

Selaku Danramil 1809-01/Ayamaru, Mayor Inf Muchlison Efendi, menuturkan bahwa Babinsa selalu dituntut berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan pendampingan bagi para petani. Begitu pula kepada warga, mulai dari penyuluhan, membuka, mengolah lahan, menanam, merawat hingga panen.

“Hal-hal ini sangatlah penting dalam rangka mensukseskan program pemerintah terlebih khusus di bidang ketahanan pangan melalui kebun percontohan”, jelas Muchlison kepada Sorongnews Via WhatsApp (WA).

Sementara, Babinsa Distrik Ayamaru Selatan Sertu. Darto dan rekan lainnya menambahkan, pendampingan terhadap warga merupakan salah satu tugas pokok, serta tanggung jawab seorang aparat teritorial dalam mensukseskan program dari pemerintah tentang swasembada pangan di tengah pandemi COVID-19.

Darto menjelaskan, luas lahan percontohan ketahanan pangan keluarga yang dibuka ini kurang lebih 1/2 hektar (Ha). Pada lokasi itu ditanam beberapa jenis tanaman yakni cabe, jagung, tomat, terong, sawi, kacang panjang, sama kangkung cabut dengan media tanam menggunakan pupuk alami.

“Kita hadir membantu warga binaan ini tidak lain memberikan suatu motivasi untuk tetap bersemangat di dalam bercocok tanam juga merawat. Sehingga tak perlu jauh-jauh harus belanja ke pasar karena di kebun sendiri ada semua”, ujar Darto.

Sebagai pemilik lahan, Derek Safkaur sangat berterimakasih pada Babinsa Koramil 1809- 01/Ayamaru yang selalu hadir ditengah warganya membantu, membuka serta mengolah lahan percontohan. Kemudian, memberi motivasi kepada warga sehingga semangat bekerja. [Valdo]

Komentar