oleh

Antisipasi Gangguan Keamanan, TNI Polri Gelar Pasukan dan Konvoi

SORONG,- Korem 181 PVT melaksanakan Apel gabungan kekuatan TNI Polri dan Pemerintah Daerah baik Kota dan Kabupaten, Apel tersebut di pimpin langsung oleh Danrem Brigjen TNI, Wawan Erawan, dan diikuti oleh 590 personil yang berlangsung di depan Taman Sorong City, Kota Sorong, Papua Barat,  Selasa (20/9/22).

Apel ini bertujuan agar tetap menjaga wilayah kota dan kabupaten Sorong untuk selalu berada dalam kondisi kondusif serta mengecek kesiapan personil.

“Saya dan Kapolres juga Pemda ada dari Marinir, Lantamal di sini kami hanya mengecek kepastian saja bahwa kita setiap saat akan selalu mudah digerakkan dengan melaksanakan komunikasi koordinasi dan kolaborasi setiap kali ada penonjolan yang terjadi di kota dan kabupaten Sorong,” ucap Danrem saat ditemui usai memimpin apel.

Dibeberkannya, Ia sudah melakukan koordinasi lebih awal bersama pihak kepolisian untuk tidak segan-segan membackup apa yang dilaksanakan oleh Kapolres Kota dan Kabupaten Sorong, apabila ada oknum-oknum yang mengganggu ketertiban dengan membuat provokasi hingga kondisi fisik wilayah menurunkan kekerasan ke depan maka akan ditindak tegas.

“Kami akan membackup apa yang sudah dilakukan oleh kepolisian termasuk penangkapan-penangkapan tidak ada lagi unsur-unsur anulir yang ada di sini kecuali dari pemerintahan yang resmi yakni Kota Sorong dan Kabupaten Sorong selain tidak diperbolehkan kalaupun ada yang seperti itu akan ditangkap dan diproses secara jalur hukum,” tegasnya.

Disisi lain, Ia juga menjelaskan perkembangan dari Kabupaten Maybrat yang sampai saat ini masih relatif kondusif walaupun memang masih dalam proses masa transisi pasca kejadian-kejadian sebelumnya.

Meski demikian Ia menambahkan bahwa dirinya masih harus terus melakukan adanya koordinasi antara pihaknya bersama TNI Polri yang ada di Maybrat, sehingga Ia berharap kondisi wilayah terus membaik dari kejadian sebelumnya dan hal ini tidak akan terjadi lagi.

Usai gelar pasukan dilanjutkan dengan Konvoi kendaraan dari masing-masing satuan disepanjang Jalan Ahmad Yani hingga Basuki Rahmat.

Terlihat hadir Pj Bupati Sorong, Dandim 1802 Sorong, Kapolresta Sorong Kota, Kapolres Sorong, dan pejabat TNI lainnya. (Mewa)

Komentar