oleh

Aksi Nyata KOMPIPA Mendukung Ketahanan Pangan Daerah

Sorong, – Komunitas Peduli Papua (KOMPIPA), untuk pertama kalinya melakukan panen Sorgum. Ini adalah kali pertama KOMPIPA melakukan pemanenan Sorgum yang berlokasi di basecamp KOMPIPA SP 2 Kabupaten sorong, Kamis, (04/02/2021).

Tanaman Sorgum merupakan tanaman pangan, juga merupakan tanaman bahan ternak dan menjadi tanaman industri. Hasil dari tanaman Sorgum ini bisa di jadikan beras maupun tepung, serta bisa menjadi pakan ternak dengan cara di fermentasi.

Tanaman Sorgum ini juga terdapat di beberapa wilayah Papua Barat, seperti di Teluk Wondama. Teluk Wondama adalah salah satu daerah yang mendapatkan program pusat untuk pengembangan tanaman Sorgum.

“Mereka juga dapat program dari pusat untuk pengembangan tanaman ini, seandainya kami dari dinas tau, kami bisa masukkan program di tahun 2021”, ujar Joni Penda selaku Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sorong.

Ia menambahkan dan menghimbau  untuk membuat proposal untuk pengajuan program tahun 2021 dan membentuk kelompok tani, sehingga bisa mendapatkan bantuan dari pusat. Dikarenakan tanaman Sorgum bisa tumbuh di daerah tropis dan tidak terlalu sulit untuk membudidayakan.

Wayan, selaku perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong sangat mengapresiasi KOMPIPA, karna mampu merangkul anak-anak muda Papua serta siap untuk memfasilitasi jika membutuhkan praktek dilapangan.

Komentar