421 Calon Siswa Perebutkan 120 Kursi di MAN IC Sorong

SORONG, PBD – Ribuan calon siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) unggulan, MAN Insan Cendekia (MAN IC), MAN Keagamaan dan MAN Kejuruan melakukan uji coba Computer Basic Test (CBT) serentak seluruh Indonesia, Rabu (22/2/23).

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) bidang kesiswaan MAN IC Sorong, sekaligus penanggung jawab SNPDB, Ahmad M.Pdi, kepada sorongnews.com mengatakan untuk seleksi nasional peserta didik baru (SNPDB) tahun 2023-2024 di MAN IC Sorong terdata 421 calon siswa yang mengikuti seleksi tidak hanya di Sorong. Melainkan ditempat lainnya seperti di Manokwari, Fak-fak, Raja Ampat, Sorong Selatan, Biak, Keerom, Jayapura, Masohi, Seram Bagian Timur, Maluku hingga NTT.

Ditambahkan Ahmad, dari 421 siswa akan mengikuti Tes CBT pada hari Sabtu (25/2/23) dengan dua sesi, yaitu sesi 1 pada jam 07.00 WIT sampai pukul 12.00 WIT lanjut sesi kedua pada jam 12.00 WIT sampai pukul 17.00 WIT.

Dimana dalam tes, calon peserta didik baru akam menjalani rangkaian tes akademik dan tes potensi belajar.

Selanjutnya hasil ujian setiap siswa akan diumumkan pada bulan Maret mendatang melalui akun masing-masing calon peserta didik baru untuk selanjutnya mengikuti tes wawancara.

“Tahun ini, MAN IC Sorong memiliki kuota 120 siswa. Sehingga Kami berharap siswa semangat mengikuti tes karena masuk MAN IC bukan hal gampang. Tidak seperti pada umumnya sekolah, kalau tidak terima ada kebijakan. Tapi, semua murni dari hasil pekerjaan siswa itu sendiri. Kami Panitia lokal tidak ikut campur semua hasil dari panitia nasional,” ungkap Ahmad.

Terkait persiapan pelaksanaan CBT pada akhir pekan inj, Ahmad mengatakan bahwa panitia telah mempersiapkan segala keperluan satu bulan lamanya. Mulai dari perangkat, jaringan, laptop/komputer hingga kelistrikan.

“Kami sudah kordinasi dengan Telkomsel dan PLN untuk menjaga kesiapan jaringan internet dan listrik pada pelaksanaan CBT mendatang. Tapi untuk antisiapsi kami juga sudah siapkan genset,” imbuh Ahmad.

Pantauan sorongnews.com pada pelaksanaan test uji coba CBT sejumlah siswa terlihat antusias dan ada sebagian yang masih terlambat dengan mendatangi sekolah yang berada di jalan Insan Cendikia SP 5 Kelurahan Makbalim, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong.

Ahmad pun berpesan kepada calon peserta didik, untuk pelaksanaan tes pada Sabtu mendatang agar tidak terlambat, karena akan mempengaruhi konsentrasi dan psikologis calon peserta didik baru. (Oke)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar