280 Personil Disiagakan Amankan Rekap Suara Tingkat Provinsi Papua Barat Daya

SORONG, PBD – Agenda pelaksanaan rapat pleno terbuka tingkat KPU Provinsi Papua Barat Daya di Hotel Vega Kota Sorong, mulai berlangsung hari ini, Kamis (7/3/24) dan dijadwalkan berakhir pada Jumat (9/3/24).

Rapat pleno terbuka itu mendapatkan pengawalan ketat dari pihak keamanan. 280 Personil dari kepolisian, diturunkan untuk proses rapat pleno tersebut.

Menurut Kabag Ops Polres Sorong Kota Kompol Indra Gunawan, para anggota disiagakan dengan pengaman melekat disekitar Hotel Vega.

“280 Personil keamanan ini terdiri 200 anggota Polresta, 50 personil dari kesatuan Brimob dan 30 anggota dari Polairud,” ujar Indra.

Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto kepada sorongnews.com menegaskan para anggota akan dibagi menjadi 3 ring dimana personil yang disiagakan bertanggung jawab penuh dengan satu komando.

“Karena kita melakukan pengamanan di tempat fasilitas umum, jadi pendekatan yang kita lakukan secara humanis agar tamu lain tidak terganggu, selain itu baik tamu maupun peserta pleno harus benar benar mempunyai tanda pengenal,” ungkap Kapolresta.

Wakapolda Papua Barat Brigjen Alfred Papare ketika memberikan arahan saat apel bersama mengemukakan, yaitu antara ring 1,2 dan 3 harus selalu berkoordinasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebagian besar anggota yang saya lihat adalah anak anak Papua dan lebih paham karakteristik, jadi harus terdepan dalam pendekatan persuasif. Jikalau memang ada Peningkatan eskalasi maka jalan terakhir adalah terpaksa digunakan water canon,” Imbuh perwira kepolisian yang berbintang satu ini.

Terlihat situasi di Hotel vega aman dan kondusif dan diberlakukan satu pintu keluar masuk. (Ali)

___

Komentar