24 Tokoh Inspiratif Terjaring Sebagai Tokoh Inspiratif SorongNews Awards 2022

SORONG,- Hallo Sobat Baca ini Biar Tahu!, dalam rangka menyemarakkan dan menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Sorongnews.com Ke- 2 tahun, pada tanggal 8 Agustus 2022 mendatang. Media pemberitaan dibawah naungan PT. Sorong Multi Media, dengan semangat pemulihan ekonomi serta semakin longgarnya aktivitas mobilisasi masyarakat, akan melaksanakan Seminar Akbar dan pemberian penghargaan kepada Tokoh Inspiratif.

Pimpinan Redaksi Sorongnews.com, Olha Irianti Mulalinda, mengatakan bahwa pelaksanaan puncak HUT SorongNews Ke-2 Tahun pada tanggal 8 Agustus 2022 mendatang, berbeda pada pelaksanaan hari jadi media pemberitaan ini ditahun sebelumnya.

“Dalam rangka memperingati HUT SorongNews Ke-2 tahun, kami berbeda ditahun sebelumnya, jika kemarin kami dengan rangkaian berbagai webinar, secara zoom meeting, karena masih Pandemi COVID-19 pada tahun 2021 kemarin. Maka untuk tahun 2022 ini, dengan pemulihan ekonomi serta semakin longgarnya aktivitas mobilisasi masyarakat, sehingga kami berinisiasi akan melaksanakan Seminar Akbar, kemudian dilanjutkan Tokoh Inspiratif Award Sorongnews 2022,” jelasnya, Kamis (28/7/22) di kota Sorong, Papua Barat.

Dimana sambungnya, pelaksanaan Tokoh Inspiratif Awards SorongNews 2022 ini, sebagai salah satu bentuk apresiasi SorongNews, yang memiliki kewajiban untuk memberikan pemberitaan-pemberitaan yang positif, bermoralitas, mendidik serta menemukan tokoh-tokoh inspiratif ditengah-tengah masyarakat.

“Award ini, sebagai salah satu bentuk apresiasi SorongNews yang memiliki kewajiban untuk memberikan pemberitaan-pemberitaan yang positif, mendidik masyarakat dan kemudian bermoralitas serta menemukan tokoh-tokoh inspiratif di sekitar kita,” sambungnya.

Selanjutnya, sebagai Pimpinan Redaksi media ini, sebelumnya pihaknya telah melakukan penyebaran kuesioner keberbagai akun media sosial selama sebulan, memperoleh ratusan responden, dan pihaknya merapatkan kembali tokoh inspiratif yang paling dominan di tiap kategorinya.

“Jadi sebelum poling yang kami lakukan, kami melakukan penyebaran kuesioner melalui akun media sosial, dimana selama sebulan, ada ratusan responden yang mengusulkan nama-nama, satu kategori itu misalnya ada lebih dari 10 usulan nama dari masyarakat, kemudian kami jaring dan kami rapatkan untuk kira-kira mana yang paling dominan,” lugasnya.

Dilanjutkan Olha, pihaknya merembukkan 5 tokoh inspiratif hasil usulan dari masyarakat di setiap kategorinya masing-masing, sehingga merucutkan 3 tokoh inspiratif pada setiap kategorinya.

“Urutan kami tentukan rangkingnya 5 besar dari usulan dari masyarakat, dari situ kami mendiskusikan kembali nama-nama yang mempunyai kontribusi dari usulan dari masyaraka,t yang masuk ke dalam nominasi 3 besar di tiap kategorinya,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, pelaksanaan poling pemilihan Tokoh Inspiratif Award SorongNews 2022 di setiap kategori, pihaknya telah melaksanakan pemungutan polling sejak Rabu (27/7/22) kemarin, hingga pada Rabu (3/8/22) mendatang, dan pelaksanaan penyerahan Award akan dilaksanakan pada puncak HUT SorongNews pada tanggal 8 Agustus 2022 mendatang.

“Dengan adanya Award ini, sebagai pemacu bagi kami sebagai media pemberitaan, untuk mempunyai lebih banyak pemberitaan yang sebelumnya tidak terjangkau oleh media, karena usulan dari masyarakat banyak sekali terkait hal-hal yang baru yang kami temukan. Misalnya, dari ekonomi kreatif, ada beberapa orang yang tidak belum terpublis dengan baik, dan disinilah kami SorongNews mempunyai kewajiban untuk memberikan informasi yang sebelumnya belum kita ketahui masyarakat,” ungkapnya.

Melalui pelaksanaan Tokoh Inspiratif Awards SorongNews 2022, sebagai cikal bakal munculnya event tahunan setiap HUT SorongNews, muncullah SorongNews Award 2023, SorongNews Award 2024 dan seterusnya, sehingga sebagai pimpinan media Baca ini Biar Tahu ini, Ia bersama keluarga besar Sorongnews.com lainnya terus menerus menyajikan hal terbaik kepada masyarakat, mencetak Tokoh Inspiratif baru masyarakat, guna menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk terus menuai kebaikan di tengah-tengah masyarakat.

Terdapat 24 nama-nama tokoh inspiratif yang mencuat, akan dipolingkan dari 8 kategori tokoh inspiratif dengan rincian 3 tokoh inspiratif di setiap kategorinya, diantaranya Tokoh Perempuan Inspiratif, Tokoh Pemuda Inspiratif, Tokoh Pemerintah Inspiratif, Tokoh Pendidikan Inspiratif, Tokoh Tokoh Kesehatan Inspiratif, Tokoh Sosial Kemasyarakatan Inspiratif dan Tokoh Lingkungan Inspiratif.

Sesuai hasil poling dalam kurun waktu sebulan terakhir, berikut 24 nama Tokoh Inspiratif yang masuk kedalam 8 kategori Tokoh Inspiratif Award SorongNews 2022, sebagai berikut:

1. Kategori Tokoh Perempuan Inspiratif.
a. Ocha Sentuf
b. Petronela Kambuaya
c. Johana Kamesrar

2. Kategori Tokoh Pemuda Inspiratif.

a. Simon Tabuni
b. Syafrudin Sabonama
c. Wawan Mangile

3. Tokoh Pemerintahan Inspiratif
a. Dominggus Mandacan
b. Lambertus Jitmau
c. Jhony Kamuru

4. Tokoh Pendidikan Inspiratif
a. DR. Marthen Sagrim, M.Kes
b. DR. Hamzah
c. DR. Rustamaji

5. Tokoh Kesehatan Inspiratif
a. Alm. dr. Titus Taba, Sp. THT
b. dr. Ideham
c. dr. Hj. Pahima Iskandar

6. Tokoh Sosial Kemasyarakatan Inspiratif
a. Dayu Rifanto
b. Abdulah Gazam
c. Aipda Sutrin Nanggong

7. Tokoh Ekonomi Kreatif Inspiratif
a. Danar Toki-Toki Sorong
b. Abon Ikan Mia Reto
c. Nanda Ngemil Yukz

8. Tokoh Lingkungan Inspritatif
a. Mbah Gimbal
b. Eko Irianto Mas Lingkungan
c. Julian Kelly Kambu Bapak Lingkungan

“Ini semuanya tokoh-tokoh yang sebenarnya menyentuh kepada masyarakat, dan kami ingin memberikan inspirasi, bahwa mereka ini (24 tokoh), bisa menjadi inspirasi untuk yang lainnya, menjadi motivasi dalam melakukan hal yang terbaik, untuk instansi, lembaga serta masyarakat secara keseluruhan. Selamat kepada 24 nominator yang telah masuk nominasi tokoh inspirasi dan nantinya akan kami ambil yang paling banyak pollingnya sebagai terbaik dari yang terbaik,” paparnya.

Selanjutnya, menanggapi isu terkait mencuat beberapa nama tokoh inspiratif yang merupakan tokoh politik, ditegaskan Olha, hal ini benar-benar murni usulan masyarakat, tidak berkaitan erat dengan pesta demokrasi ditahun 2024 yang akan datang.

“Ini ada yang mengatakan bahwa, banyak sekali politisi, apakah kami menjaring untuk 2024, belum, ini benar-benar murni usulan dari masyarakat, ada beberapa muncul nama tokoh inspiratif dari politisi. Tapi pada poling, tidak ada kategori politisi inspiratif ya, ada yang beberapa nama politisi itu masuk ke dalam tokoh pemuda, masyarakat, tokoh perempuan gitu ya, sebenarnya itu karena penilaian masyarakat, bahwa mereka inilah selain politisi, mereka mempunyai pengaruh besar terhadap masyarakat,” terangnya.

Ditambahkannya, bahwa dirinya belum berpikir untuk siapa sosok tokoh yang akan menduduki kursi Walikota, Bupati hingga gubernur ditahun 2024 nantinya. Pihaknya belum terpikirkan ke arah sana, karena dinilainya pesta demokrasi ini sampai saat ini masih dalam tahap verifikasi partai politik, pihaknya tidak mengarah ke arah sana, akan tetapi pihaknya benar-benar murni menjaring usulan dari masyarakat.

“Kami berharap, poling ini bisa ribuan ya, pada poling kemarin jumlahnya ratusan, kami berharap poling ini bisa tembus ribuan, sehingga penilaian dari masyarakat, bisa terwakilkan,” harapnya. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar