24 Taruna Poltek KP Ikuti Seleksi Beasiswa Sobat Bumi

SORONG, PBD – Sebanyak 24 orang taruna dari Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Sorong mengikuti seleksi beasiswa Sobat Bumi dari PT Pertamina Foundation. Hal ini diungkap wakil direktur III bidang ketarunaan dan alumni, Handayani kepada sorongnews.com diruang kerjanya, belum lama ini.

Dikatakan Handayani bahwa tidak semua Perguruan Tinggi dapat memiliki kesempatan meraih beasiswa sobat bumi tersebut dan Poltek KP dari sekian puluh Perguruan Tinggi Negeri, Poltek KP selama 3 tahun berturut-turut dapat menjadi salah satu PTN yang dapat beasiswa Sobat Bumi (Sobi) tersebut.

Adapun beberapa syarat ketentuan memperoleh beasiswa Sobi dituturkan Handayani yaitu, bagi taruna yang memiliki prestasi akademik, aktif, berorganisasi sosial kemasyarakatan, peduli pada pengelolaan lingkungan hidup, toefl, karya tulis dan kedisiplinan.

Handayani mengatakan bahwa dari 30 taruna yang mendaftar dan dilakukan seleksi administrasi dan kedisiplinan, 24 taruna dinyatakan lolos dan mengikuti seleksi selanjutnya yaitu wawancara. Wawancara yang dilakukan selama dua hari yaitu 7 – 8 Juni 2023 menghadirkan pewawancara dari Pertamina foundation dan dirinya sebagai Wadir bidang ketarunaan. Dalam seleksi wawancara beasiswa, taruna Poltek KP Sorong mempresentasikan pencapaian akademik, pengalaman ekstrakurikuler, dan motivasi mereka dalam melanjutkan studi serta berkontribusi bagi lingkungan hidup dan masyarakat.

“Dari 24 taruna yang mengikuti wawancara nanti akan dinilai kembali untuk selanjutnya mengikuti seleksi selanjutnya untuk mendapatkan beasiswa full 3 tahun pembiayaan di kampus,” ujar Handayani.

Ditambahkan oleh Handayani mengapa kedisiplinan menjadi salah satu variabel dalam penilaian, karena pendidikan karakter, disiplin adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan setiap peran kehidupan.

“Bagaimana dia akan mempertanggung jawabkan beasiswanya, jika tidak ada disiplin dalam dirinya. Apalagi di Poltek KP, kita semua ada aturan dalam buku saku dan kitab kampus. Karena disiplin adalah faktor kunci kesuksesan,” tanda Handayani.

Ditempat yang sama, Direktur Poltek KP Sorong, Muhammad Ali Ulath berharap jumlah kelulusan beasiswa Sobi bertambah dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana tahun sebelumnya, ada 10 taruna yang memperoleh beasiswa sobat bumi dan sangat bermanfaat menerima beasiswa tersebut untuk menunjang keperluan perkuliahan.

“Kami berharap tahun ini semakin banyak yang lolos dan terima beasiswa, karena beasiswa ini sangat membantu sekali bagi taruna kami. Biasanya kami sarankan agar beasiswa yang didapat dibelikan sarana belajar seperti laptop agar dapat membuat laporan dan tugas kuliah,” harap Ali. (oke)

___

Komentar