22 Provinsi Hadiri Rakernas PTMSI 2023 di Merauke Papua Selatan

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Sebanyak 22 provinsi di Indonesia menghadiri rapat kerja nasional (rakernas) Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) 2023 yang digelar di Care Inn Hotel, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Ibu Kota Daerah Otonomi Baru di Tanah Papua, Minggu (19/11/23) sore.

Pantauan Sorongnews.com rakernas PTMSI 2023 dibuka secara resmi oleh Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman diwakili Kepala Bidang Pembinaan Organisasi KONI Pusat, Othniel Mamahit.

____

Didampingi Ketum Panitia Besar (PB) PTMSI, Peter Layardi Lay, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo melalui Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Selatan, Soleman Jambormias, Ketum PB PTMSI Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno dan Ketum KONI Papua Selatan diwakili Sekum KONI Papua Selatan, Antonio Ohoitimur.

Kabid Pembinaan Olahraga KONI Pusat, Othniel Mamahit dalam sambutannya mengungkapkan, terimakasih dan mengapresiasi semangat, pengorbanan dan ketulusan PTMSI dalam membina cabang olahraga tenis meja di Indonesia.

“Rakernas kali ini secara strategis membahas program penting cabang olahraga tenis meja serta membahas pembinaan atlet tenis meja,” ujarnya.

Menurut Othniel, sulit mencetak atlet handal tanpa adanya sarana prasarana yang mendukung program kerja PB PTMSI. Dengan demikian, rakernas tenis meja tahun ini perlu mempersiapkan atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh – Sumatera Utara (Sumut).

“Saya berharap kejuaraan nasional tenis meja akan sukses pada pertandingan yang dimulai besok (20 November 2023). Dalam penyelenggaraan dan prestasi dengan lahirnya bibit atlet dunia. Tak kalah penting PON XXI Aceh – Medan, Sumut adalah PON pertama diikuti oleh 38 provinsi termasuk 4 DOB yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya,” lugasnya.

Dikatakan, tentu PB PTMSI perlu membina pengprov PTMSI di 4 DOB dengan tata kelola organisir yang sehat. Dengan demikian, seluruh pengprov PTMSI dapat melaksanakan program pembinaan atlet berprestasi sehingga mampu mengikuti iven-iven ditingkat nasional.

“Warisan terbesar dari olahraga adalah persaudaraan. Itu yang harus kita bangun,” tegas Othniel.

Dikesempatan yang sama, Ketum PB PTMSI, Peter Layardi Lay mengatakan, sejumlah kegiatan tenis meja tingkat nasional digelar di Merauke, Papua Selatan meliputi penataran wasit dan pelatih tingkat daerah dan nasional, rakernas PTMSI dan kejurnas tenis meja tanggal 20-25 November 2023 yang terdiri dari semua kelompok umur.

“Salah satu yang menjadi barometer kita untuk kejurnas adalah penentuan seeded untuk PON XX 2024 terutama nomor pertandingan. Hari ini saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada pengurus terutama Ketum Pengprov PTMSI yang berusaha menghadirkan atlet-atletnya disini,” ucap Peter Layardi Lay.

Dia membeberkan, Papua Selatan menjadi satu-satunya provinsi baru yang menyelenggarakan rakernas dan kejurnas tenis meja.

Mengingat PTMSI di Tanah Papua sangat setia mengikutkan atletnya dalam kejurnas tenis meja.

“Ketika acara pelantikan Pengprov PTMSI Papua Selatan, saya coba menawarkan apakah teman-teman disini bersedia jadi tuan rumah kejurnas 2023. Saya juga sudah menawarkan beberapa provinsi yang kelihatannya belum ada tanggapan serius. Ditanggapi sangat positif terutama Pak Gubernur sangat mendukung juga kadispora, sekum KONI Papua Selatan. Apalagi Ketum PTMSI Papua Selatan sangat bersemangat. Saya mengapresiasi kerja luar biasa dari PTMSI papua Selatan,” ucap Ketum PTMSI.

Sementara itu, Pj Gubernur diwakili Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Selatan, Soleman Jambormias menyampaikan apresiasi kepada 22 provinsi yang hadir dalam rakernas PTMSI dan kejurnas tenis meja di Merauke Papua Selatan istana damai.

“Sebuah kebanggaan yang tidak bisa dinilai dengan uang dan jumlah kehadiran. Ini merupakan catatan sejarah tersendiri bagi tenis meja yang menandakan Papua Selatan bagian integral dari NKRI,” sebutnya.

Soleman Jambormias menjelaskan, Pemerintah Provinsi Papua Selatan mendukung sepenuhnya pelaksanaan agenda nasional tenis meja di Merauke sebagai tuan rumah dengan mengucurkan dana.

“Dukungan bukan 90 persen tapi 1.000 persen,” tandasnya.

Ketum PB PTMSI Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno menuturkan, PB PTMSI Papua Selatan di provinsi yang baru lahir mendapat penghargaan dan penghormatan dari PB PTMSI.

“Kami baru lahir belum bisa berbuat banyak tapi sudah dapat perhatian. Baru lahir langsung kejurnas. Ini ide ketum PB PTMSI. Mudah-mudahan jadi sukses bagi kita semua PTMSI diseluruh Indonesia,” ungkapnya.

Asisten I Sekda Provinsi Papua Selatan ini berharap, rakernas PTMSI 2023 bisa menghasilkan keputusan penting bagi kemajuan PTMSI.

“Semoga kedatangan bapak/ibu sekalian bukan hanya untuk bertanding dan menang tetapi bisa bersenang-senang dengan hati gembira di Papua Selatan. Silahkan, melihat kota-kota di Papua Selatan terutama Merauke. Kedatangan bapak/ibu menjadi harapan besar untuk kemajuan kami di Papua Selatan,” sebut Agustinus Joko Guritno. (Hidayatillah)

Komentar