oleh

150 Anak Ikuti Sunatan Massal Hajatan Lantamal XIV

SORONG,- Lantamal XIV Sorong melaksanakan sunatan massal secara gratis yang melibatkan 150 anak kecil, guna memperingati HUT Lantamal XIV Sorong serta HUT Jalasenastri, yang berlangsung di Mako Lantamal XIV Sorong, Papua Barat, Kamis (11/8/22).

Pantauan media ini, sejumlah anak-anak yang hendak disunat sebelumnya mereka diberikan sarung untuk digunakan serta obat-obatan yang dibutuhkan setelah melakukan sunatan.

Terlihat orang tua mengantar anak-anak mereka, dan ikut mendampingi anaknya yang sedang di sunat. Sementara itu sebagian anak-anak yang hendak disunat menangis dan berteriak ketakutan karena merasa kesakitan diiringi rasa takut yang cukup tinggi.

Kepada sejumlah awak media, Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani mengatakan kegiatan sunatan massal sengaja dilakukan guna memperingati HUT Lantamal XIV Sorong, HUT Jalasenastri serta HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun.

“Jadi Lantamal XIV Sorong hari ini melaksanakan sunatan massal dalam rangka menyambut hari ulang tahun, kemerdekaan RI ke 77 Tahun sekaligus hari ulang tahun Lantamal XIV Sorong, serta ulang tahun Jalasenastri,” ungkapnya

Sambung Imam Musani pada bulan Agustus ini terdapat tiga hari yang istimewa, yang harus dilaksanakan oleh Lantamal XIV Sorong. Sehingga adanya beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh Lantamal XIV Sorong, seperti ajang sana, ziarah ke Taman Makan Pahlawan (TMP) kemudian, pengibaran bendera yang dilaksanakan di bawah laut secara serentak pada 77 titik diseluruh Indonesia berdasarkan perintah kepala staf TNI Angkatan laut KASAL Laksamana TNI Yudo Margono.

“Nanti ada tatanan pangan, dan peresmian kampung bahari nasional, kemudian ada lomba balapan di laut dengan mengunakan perahu ketinting itu semua kami akan laksanakan,” tandasnya.

Menurut Imam Musani dengan mengadakan sunatan massal tersebut dapat membantu masyarakat yang tidak mampu. Karena berkaca pada pengalaman tahun lalu peminat pada sunatan massal cukup banyak, sehingga mereka membuka kembali kegiatan sunatan massal yang diikuti oleh 150 anak-anak kecil yang berada di Kota Sorong.

Sunatan atau khitan sendiri merupakan syarat wajib seorang Pria muslim, selain syariat dalam agama, Khitan juga mengurangi resiko penyakit kelamin.(Fatrab)

Komentar