oleh

Waspada Bencana, Pemda dan Polres Gelar Apel Tanggap Bencana

SORONG, – Mewaspadai terjadinya bencana alam pemda Kabupaten Sorong bersama Polres Sorong melakukan apel kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana alam di wilayah daerah hukum polres Sorong (13/11/20).

Apel kesiapsiagaan dilakukan di halaman polres Sorong pada pukul 09:00 WIT, pada apel tersebut sebagai pimpinan apel serta memberikan amanat adalah Wakil Bupati kabupaten Sorong, Suka Harjono.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati mengatakan bahwa semua pihak perlu mewaspadai bahwa perubahan cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang yang dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah Papua Barat.

“Tentunya kita memerlukan langkah-langkah proaktif dengan mempersiapkan kesiapan personil baik secara kualitas maupun kuantitas. Kelengkapan sarana dan prasarana serta metode penanganan yang benar dalam membantu korban bencana dengan memperhatikan protokol kesehatan di situasi pandemi covid 19 Saat ini. Para peserta apel yang saya banggakan melalui apel kesiagaan pemerintah daerah TNI Polri beserta seluruh jajarannya diharapkan benar-benar mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan seluruh sumber daya yang dimiliki baik personal maupun sarana dan prasarana untuk berperan secara aktif dalam rangka penanggulangan bencana alam dan penyebaran covid-19, dalam kesempatan ini saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama siap siaga menghadapi ancaman terjadinya bencana alam di wilayah Provinsi Papua Barat,” ujar Wakil Bupati.

Ia juga menekankan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas terkait kesiapan penanggulangan bencana alam di tengah tengah pandemi covid 19, yaitu menyiapkan seluruh administrasi yang dibutuhkan terkait dengan kesiapan penanggulangan bencana alam dengan segala sarana dan prasarana serta kesatuan inti dan cadangan yang sewaktu-waktu dapat digerakkan ke lokasi terjadinya bencana dengan penerapan protokol kesehatan.

Peserta yang mengikuti apel kesiapsiagaan meliputi TNI Polri, BNPB, BASARNAS, Dishub, dan Satpol PP dan Pol air. (Angga)

Komentar