oleh

UNIPA Jadi Tuan Rumah Pada MTQ I Tingkat Provinsi Papua Barat

 

MANOKWARI ,- Universitas Papua (UNIPA) melakukan kegiatan MTQ ke I tingkat Provinsi Papua Barat dalam meningkatkan kemajuan bagi manusia dengan mengangkat tema ” MTQ Sebagai Penguat Ukhuwah Islamiyah Dalam Membentuk Generasi Muda Qur’an Menuju Papua Barat Yang Aman , Sejahtera dan bermanfaat”.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Abdul Fatah, sekaligus membuka kegiatan MTQ tingkat mahasiswa ke I tingkat Provinsi Papua Barat pada selasa (08/06/21) mengatakan MTQ tingkat perguruan tinggi tahun 2021 digagas oleh rektor UNIPA dan bangga mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pada MTQ ke I mahasiswa tingkat Provinsi Papua Barat.

“MTQ tingkat perguruan tinggi ini di gagas oleh bapak rektor UNIPA tahun 2021, kami bahagia dan bangga dapat menjalin silaturahmi dengan mahasiswa utusan perguruan tinggi se-Papua Barat sekaligus kami bersyukur dan bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk menjadi tuam rumah pada MTQ mahasiswa tingkat Provinsi ke I tahun 2021,” terangnya.

Menurutnya, Al Quran tercantum segala aspek kehidupan, Al Quran adalah instrumen penting umat islam untuk keluar dari kegelapan menuju fase yang terang benderang, Al Quran menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghadirkan kemajuan bagi manusia dan alam sekitarnya.

Sementara itu Rektor Universitas Papua (UNIPA) Maky Sagrim dalam sambutanya menjelaskan bahwasannya Universitas Papua telah berdiri pada tahun 2000.

“Universitas Papua ini berdiri tahun 2000 dan MTQ tingkat mahasiswa ini baru pertama kali dilaksanakan, saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap antusias para panitia penyelengara dan senior-senior yang turut membantu demi berjalannya MTQ tingkat mahasiswa 2021 ini,” sambut Rektor.

Status UNIPA sambungnya sebagai perguruan tinggi negeri yang mempunyai tanggu jawab untuk menjadi pembina bagi perguruan-perguruan tinggi hari ini baik negeri maupun swasta oleh karena itu UNIPA sebagai tuan rumah pertama.

Sementara cabang lomba terdiri dari tartil qur’an, kathil qur’an, tilawatil qur’an kemudian syahril qur’an, fahmil qur’an dan karya tulis ilmiah qur’an, hifdzil qur’an serta desain qur’an.

MTQ ini diikuti oleh kampus swasta dan negeri yakni IAIN Sorong, Universitas Papua, STIA Fak-Fak, Universitas Muhammadiyah Sorong, dengan jumlah peserta sebanyak 56 orang yang dilaksanakan selama tiga hari (8-10 Juni 2021).

Kegiatan MTQ mahasiswa ke I tingkat Provinsi Papua Barat ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak mencuci tangan serta memakai masker demi memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19. (Fatrab)

Komentar