Unimuda Sorong Gelar Shalat Idul Adha 1443 H, 10 Ekor Sapi Siap Dipotong

KABUPATEN SORONG,- Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1443 H/2022 M, jatuh pada hari Sabtu (9/7/22) yang tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1443 H/2022 M.

Sehingga hari ini, Sabtu pagi (9/7/22), terlihat ribuan umat Muslim serta warga Muhammadiyah di kabupaten Sorong, salah satunya tumpah ruah memadati halaman Masjid Salman Al-farizi, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, kabupaten Sorong, Papua Barat, untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1443 H dengan penuh suka cita dan berlinang air mata.

___

Dimana, pelaksanaan shalat Idul Adha di halaman Masjid Salman Al-farizi Unimuda Sorong ini, bertindak sebagai Imam yakni Arif Hidayatullah yang mana merupakan Mahasiswa Prodi PAI dan bertindak sebagai Khatib yakni Jumadi, Lc., M.Pd merupakan Dosen PAI Unimuda Sorong.

Ketua Panitia Idul Adha 1443 H, Muhammad Faizin mengatakan bahwa, pelaksanaan shalat Idul Adha di Unimuda Sorong ini dilaksanakan tiap tahunnya, akan tetapi disampaikannya pada puncaknya Pandemi COVID-19 melanda dunia ditahun sebelumnya, Unimuda tak menggelar shalat Idul Adha, dan pada tahun ini, pihaknya kembali melaksanakan shalat Idul Adha .

“Ini tiap tahun, pernah pas masa COVID-19 tahun kemarin, kami tidak melaksanakan shalat Idul Adha, tapi Alhamdulillah ini mulai jalan lagi,” kata Faizin saat ditemui Sorongnews.com usai melaksanakan Shalat Idul Adha.

sambungnya, terkait pelaksanaan kurban dikatakannya, pihaknya akan melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 10 ekor sapi, yang akan dilaksanakan pemotongannya beberapa titik berbeda.

“Untuk pelaksanaan kurban, kami Unimuda Sorong memotong hewan kurban sebanyak 10 ekor sapi, di distribusikan di kampus ada 4 ekor, asrama Ma’had di Prodi PAI itu kami potong 3 ekor, kemudian 2 ekor dipotong di perumahan dosen, dan 1 ekornya lainya dipotong di panti asuhan,” sambungnya.

Kemudian, dituturkan Faizin, bahwa pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilaksanakan selama dua hari yakni di hari Sabtu (9/7/22) sejumlah 2 ekor sapi dan di hari Minggu (10/7/22) besok sebanyak 8 ekor sapi.

“Hari ini Sabtu (9/7/22) kami memotong 2 ekor sapi, sebanyak 8 ekor sapi lainnya kami potong besok hari Minggu (10/7/22), dua sapi yang kami potong hari ini dilaksanakan di perumahan dosen, tepatnya di rumah Rektor,” tutupnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, pada hari Sabtu (9/7/22) ini di kabupaten Sorong, selain pelaksanaan shalat Idul Adha dilaksanakan di halaman Masjid Salman Al-farizi Unimuda Sorong, terdapat Masjid Nurul Islam turut melaksanakan shalat Idul Adha dihari ini dan tempat pelaksanaan shalat Idul Adha lainnya di kabupaten Sorong akan melaksanakan shalat Idul Adha pada hari Minggu (10/7/22) sesuai ketetapan pemerintah Republik Indonesia melalui kementerian Agama RI dalam penyelenggaraan sidang isbat. (Jharu)

___ ___

Komentar