Tugu Pawbili Dibanjiri Bendera Parpol, Bawaslu : Tidak Masalah

KABUPATEN SORONG, PBD – Tugu Pawbili yang berlokasi di Jalan Sorong-Aimas Km 18, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, kini dibanjiri sejumlah bendera partai politik (parpol).

Pasalnya, tugu perbatasan antar dua wilayah yakni Kabupaten Sorong dan Kota Sorong nampak beralih fungsi menjadi tempat pemasangan bendera parpol.

Tercatat, setidaknya terdapat 8 berdera parpol terpasang mengelilingi bundaran pagar tugu perbatasan antar dua wilayah itu. 8 bendera parpol dimaksud yakni PKB, NasDem, Demokrat, Golkar, Gerindra, PDI Perjuangan, PPP dan PKS.

Saat dikonfirmasi Sorongnews.com, Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong, Agustinus Simson Naa menegaskan bahwa pemasangan bendera parpol di tugu Pawbili bukan merupakan pelanggaran pemilu.

Dibeberkannya, bendera parpol bukan bagian dari Alat Peraga Kampanye (APK), melainkan atribut.

“Bendera itu bukan bagian dari alat peraga kampanye, tetapi itu adalah atribut,” beber Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong, Agustinus Simson Naa saat dikonfirmasi Sorongnews.com, Minggu (21/1/24).

Lebih lanjut, diterangkannya bahwa, pesta demokrasi merupakan ruang terbuka bagi semua parpol dalam melakukan kampanye, sehingga bendera atau atribut yang dipasang sepanjang tidak mengganggu, menurutnya tidak menjadi persoalan.

“Sekarang ini, pesta demokrasi yang ruangnya dibuka untuk partai politik melakukan kampanye, sehingga bendera atau atribut yang dipasang sepanjang tidak mengganggu, membahayakan dan lainnya, itu tidak melanggar, tidak masalah,” terangnya saat menjawab pertanyaan wartawan Sorongnews.com mengenai sejumlah bendera parpol terpasang mengelilingi bundaran pagar Tugu Pawbili.

Selain itu, disebutkannya, pihaknya akan melihat APK yang terpasang sudah berdasarkan titik yang ditentukan atau tidak, apabila melanggar, pihaknya segera melakukan penertiban.

“APK yang berupa baliho dan lain-lain itu kita lihat apakah APK dipasang pada titik yang sudah ditentukan ataukah tidak, kalau dipasang dititik yang tidak ditentukan, maka itu pelanggaran yang perlu kita tertibkan,” sebutnya.

Ditambahkannya bahwa, dalam kurun waktu dekat, pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sorong akan melakukan penertiban APK termasuk atribut yang dinilai tidak sesuai aturan.

“Dalam waktu dekat, kita dari Bawaslu Kabupaten Sorong bersama Satpol PP akan melakukan penertiban APK, termasuk atribut bendera, yang menurut pandangan kita itu membahayakan dan lain-lain, itu nanti kita tertibkan,” tambahnya.

Pantauan Sorongnews.com, sejumlah bendera parpol memiliki tiang bendera menjulang tinggi mencapai 2 hingga 3 meter. Tak hanya itu, disekitaran Tugu Pawbili, nampak juga berbagai APK milik Timses Capres-cawapres hingga Caleg yang turut bertarung dalam kontestasi pemilihan legislatif ditanggal 14 Februari 2024 mendatang. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar