TIMPORA Raja Ampat Siap Lakukan Pengawasan Orang Asing

RAJA AMPAT, – Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Papua Barat melalui Divisi Keimigrasian menyelenggarakan Pembukaan Kegiatan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Raja Ampat Tahun 2021 di aula Waiwo Dive Resort, Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (8/12/21).

Kegiatan yang dihelat di Waiwo Dive Resort, Kabupaten Raja Ampat ini diawali dengan pengantar dari Kepala Kantor Wilayah Papua Barat, Slamet Praharaya.

___ __

Ada beberapa hal yang diutarakan dalam arahannya, yakni dasar hukum pembentukan dan mekanisme TIMPORA.

Dimana, sesuai dengan amanat Undang-Undang, kegiatan pengawasan orang asing merupakan salah satu tugas dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik indonesia yang bertujuan untuk menjamin bahwa orang asing yang boleh masuk, tinggal dan melakukan kegiatan di Indonesia.

“Orang asing yang dimaksudkan disini adalah orang asing yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan (prosperity) rakyat, bangsa dan NKRI, memberi dampak positif serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban (security) juga tidak membahayakan rakyat,” Ungkap Slamet.

Tugas kepentingan nasional yang begitu luas tentunya tidak dapat dijalankan secara optimal tanpa adanya koordinasi dalam bentuk bantuan dan kerja sama dari instansi terkait melalui wadah Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) sehingga pelanggaran yang melibatkan Orang Asing dapat dideteksi dini dan ditindak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia menyampaikan bahwa operasi gabungan kali ini merupakan salah satu cara memperkuat sinergitas antar instansi dengan bekerja sama dalam melakukan pengawasan hadirnya orang asing khususnya di wilayah Papua Barat khususnya di Raja Ampat.

“Kegiatan Operasi gabungan yang melibatkan lintas instansi ini tentunya saling melengkapi dan saling menghormati sesuai tugas dan fungsi. Kita tentu butuh bantuan seluruh elemen stakeholder agar kegiatan ini bisa berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Dalam arahannya Kepala Kantor Wilayah berpesan untuk menjaga integritas selama melakukan pekerjaan pengawasan orang asing tersebut dan juga beliau kembali mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi COVID-19.

“Saya mengucapkan selamat melaksanakan operasi gabungan ini dengan sebaik-baiknya, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan, kelancaran dan kelapangan dalam melaksanakan tugas ini, junjung tinggi sinergitas tim pengawasan orang asing (TIM PORA) tingkat Provinsi Papua Barat. Pada kesempatan ini juga, saya menghimbau untuk tetap patuh dan mengedepankan protokol kesehatan dengan tertib, mengingat pandemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini dimana hal ini tentu saja ini merupakan langkah dan upaya kita bersama dalam mencegah terjadinya penyebaran COVID-19,” pungkasnya.

Usai arahan dari kakanwil Slamat Praharaya, selanjutnya diadakan apel persiapan teknis dalam melakukan kegiatan di lapangan oleh TIM PORA.

TIM PORA selanjut bergerak melaksanakan tugas, yang dipimpin lansung oleh sekretaris TIM PORA Kepala Bidang Intelejen.

Kegiatan yang dihadiri para pejabat struktural Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong, Dinas Ketenegakerjaan Kabupaten Raja Ampat, Dinas Kesbanpol Kabupaten Raja Ampat dan anggota TIMPORA Provinsi Papua Barat itu telah dilaksana dengan menjalankan prokes pencegahan COVID-19 dengan baik. (Satria)

___ __ ___

Komentar