oleh

Tempuh Medan Berat, Pj. Bupati Maybrat Kunjungi Warga Terdampak Banjir di Mare

MAYBRAT, – Menempuh perjalanan jauh dan medan berat, Penjabat (Pj) Bupati Maybrat,  Bernhard Rondonuwu mengunjungi Kampung Sidi, Distrik Mare Selatan, Maybrat, Papua Barat, jumat (2/9/22).

Kehadirannya ingin memastikan secara langsung kondisi warga yang terdampak bencana banjir pada kampung tersebut.

Penjabat Bupati dan rombongan berangkat dari Kumurkek berkisar pukul 06:00 WIT menuju Makodim 1809 / Maybrat sebagai kumpul. Kemudian, rombongan beriring-iringan menggunakan mobil Hilux hingga Fortuner ke Kampung Fase, Mare Selatan. Setibanya di sana, Pj. Bupati melihat secara langsung kondisi warga di 5 kampung yang  terdampak banjir.

Kepala Distrik Mare Selatan, Welem Fawan melaporkan, ada 9 kampung di Distrik Mare Selatan, 5 kampung diantaranya terdampak bencana banjir selama 5 bulan. Dia memperkirakan banjir baru surut hingga 1 atau 2 tahun.

Sementara itu fasilitas yang terendam banjir terdiri dari 1 Gereja, 4 MCK, serta 4 rumah warga dengan total penduduk 600 jiwa. Tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir tersebut, hanya materil. Atas nama warga Distrik Mare Selatan, Ia berharap ada perhatian serius dari pemerintah daerah.

Tidak hanya itu, warga juga meminta pemerintah memperbaiki akses jalan masuk menuju ke Mare Selatan yang rusak parah, untuk mempermudah mobilitas warga selama tertimpa bencana.

“Kami berterima kasih kepada bapak Bupati bersama rombongan atas kunjungannya. Ini adalah kunjungan pertama bagi kami di wilayah Mare Selatan. Dimana besar harapan kami kepada pak Bupati bersama OPD terkait dapat menindaklanjuti keluhan warga ini,” tegasnya.

Pj. Bupati Maybrat, Bernhard Rondonuwu menyampaikan, pihaknya hadirnya bersama forkopimda sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah, selalu ada bersama masyarakat dalam suka maupun duka.

Dalam kesempatan itu, Bernhard langsung memerintahkan Kepala Bappeda segera mendata dan merancang langkah-langkah strategis yang segera ditindaklanjuti secara teknis oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) secepatnya.

“Bappeda akan rancang, dan teknisnya nanti akan ditindaklanjuti oleh DPU supaya apa, supaya apa yang dorang aspirasikan ini kita akan tindaklanjuti,” jelasnya.

Usia terima aspirasi, Bernhard juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa paket sembako seperti beras, gula, mie instan, minyak, garam, dan beberapa bahan makanan lainnya untuk warga.

Tidak lelah disitu, Pj. Bupati dan rombongan kembali melanjutkan kunjungan ke kampung lain di Mare. Dia berkesempatan untuk melihat obyek wisata kali ombak yang terletak di kampung Seni, Distrik Mare. Kemudian menuju ke Suswa, Ibukota Distrik Mare.

Setibanya di Kampung Suswa, Pj. Bupati dan rombongan disambut hangat Kepala Distrik, Danramil, warga, serta siswa-siswi yang tampak berseragam lengkap. Selepas bersalaman dengan warga, Pj. Bupati berkunjung ke Koramil setempat untuk bersilaturahmi sebelum pulang ke Kumurkek, Ibukota Kabupaten Maybrat.

Kunjungan ini, Pj. Bupati didampingi seluruh unsur Forkopimda antara lain, Dandim 1809/ Maybrat, Kapolres, Anggota DPRD perwakilan wilayah setempat, para asisten, dan seluruh pimpinan OPD dengan pengawalan aparat TNI-Polri. (Valdo)

Komentar