Sekda Maybrat Canangkan Program Bulan Imunisasi Anak

MAYBRAT, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maybrat, Jhoni Way secara resmi mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di wilayah Maybrat, Papua Barat. Pencanangan dilakukan di alun-alun Faitmayaf Kumurkek, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (18/5/22).

Setelah pencanangan ini, maka pelayanan imunisasi terhadap anak secara resmi akan berjalan di seluruh kampung-kampung yang di wilayah Kabupaten Maybrat.

___

“Imunisasi terhadap anak-anak harus dilakukan secara keseluruhan di setiap kampung maupun distrik. Sehingga semua anak-anak mendapatkan pelayanan terkait imunisasi tersebut, tegas Jhoni Way.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Maybrat, Paber Hutahaean berjanji akan membangun komunikasi yang baik dengan kepala distrik, kepala kampung dan kepala puskesmas. Sehingga pelayanan imunisasi anak dapat terlaksana secara baik pula.

Kadis sangat optimis, pelayanan imunisasi akan berjalan dengan baik. Hal ini melihat pengalaman tahun sebelumnya, dimana Kabupaten Maybrat mencapai hasil yang baik dan sesuai harapan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular (P2M) di Dinas Kesehatan Maybrat, Nikolas Yumame menjelaskan bahwa, program BIAN dilakukan serentak secara nasional setiap tahun tepat di bulan Mei. Sasaran BIAN ini diberikan bagi anak- anak usia 9 bulan sampai 12 tahun.

“Tapi sebelum dilakukan imunisasi, kita harus sosialisasi terhadap masyarakat lebih dahulu agar memahami pentingnya imunisasi terhadap kesehatan anak-anak”, ujanya Nikolas.

Usai pencanangan, 9 anak langsung mendapat suntikan imunisasi. Ke 9 anak ini terdiri dari TK Kartini II, TK Santo Fransiskus Asisi Ayawasi, SD Inpres 13 Kumurkek dan SD YPPK Santo Petrus Ayawasi. (Valdo)

___ ___

Komentar