Sahrul Kubal Nahkodai HMI-MPO Cabang Sorong Raya, PB HMI : Cabang Besar, Kekuatan HMI Dibagian Timur

SORONG, PBD – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Cabang Sorong Raya periode 1444-1445 H/2023-2024 M resmi dilantik, bertempat disalah satu cafe di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Selasa malam (27/2/24).

Civitas hijau hitam Cabang Sorong Raya itu dinahkodai Sahrul Kubal dan dilantik langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) HMI-MPO, Ana Muliyana.

Ketum PB HMI-MPO, Ana Muliyana mengatakan bahwa, dirinya meyakini tumpuan perkaderan yang menjadi tujuan dan pedoman HMI ada di ranah cabang, sehingga menurutnya, perlu adanya keistiqomahan serta konsistensi dalam menjalankan roda struktural organisasi.

“Saya meyakini tumpuan-tumpuan perkaderan dan perjuangan ada di cabang, sehingga perlu keistiqomahan serta perlu konsistensi didalam menjalan roda struktural di HMI-MPO Cabang Sorong Raya,” kata Ketum PB HMI-MPO, Ana Muliyana.

Dirinya menilai bahwa, HMI-MPO Cabang Sorong Raya merupakan cabang yang besar, sehingga diyakininya dapat menjadi kekuatan HMI dibagian Timur Indonesia.

“Apalagi kondisi HMI Cabang Sorong Raya dari informasi-informasi yang saya dapat dan Alhamdulillah hari ini saya langsung terjun serta melihat kondisi perkaderan disini, Alhamdulillah dengan kondisi serba kekurangan ataupun kondisi tidak seperti cabang yang lainnya, saya meyakini Cabang Sorong Raya adalah cabang besar yang bisa menjadi kekuatan HMI dibagian Timur, yang bisa melahirkan kader-kader militan, kader-kader intelektual,” paparnya.

Dirinya meminta agar dengan dilantiknya kepengurusan baru ini dapat membawa pembaharuan dan membawa semangat ghirah bagi kader-kader di HMI-MPO Cabang Sorong Raya.

“Mudah-mudahan dengan kepengurusan baru ini, membawa pembaharuan, membawa semangat ghirah bagi kader-kader di HMI-MPO Cabang Sorong Raya,” pintanya.

Dirinya berpesan agar kepengurusan dibawah kendali Sahrul Kubal dapat menjaga kondusifitas dan konsistensi perkaderan, sehingga dirinya menitipkan pesan agar tetap teguh didalam melaksanakan koridor organisasi sesuai dengan khittah perjuangan HMI.

“Pelantikan ini bukan hanya serta merta semata-mata menjadi estapeta kepemimpinan, bahwa perlu diingat kepemimpinan ini harus dijadikan sebagai renungan dan pundak kepemimpinan ini akan menjadi tanggungjawab yang luar biasa. Jaga kondusifitas perkaderan dan jaga konsistensi perkaderan, saya titipan pesan agar teguh didalam melaksanakan koridor-koridor organisasi sesuai dengan khittah perjuangan HMI,” pesanya.

Sementara itu, Ketum HMI-MPO Cabang Sorong Raya, Sahrul Kubal menargetkan akan menjalan seluruh program HMI yang telah digagas saat pelaksanaan Konferensi HMI-MPO Cabang Sorong. Tak hanya itu, pihaknya akan melirik isu Nasional dan Daerah untuk secara bersama-sama mengkaji dan mecari jalan keluar atau solusi terhadap berbagai isu yang dihadapkan saat ini.

“Target kita kedepan menjalankan semua program HMI atau program konferensi yang telah digagas dan tetap istiqomah untuk melirik segala isu Nasional serta isu Daerah yang ada di Kota Sorong maupun di Provinsi baru Papua Barat Daya,” terangnya.

Dirinya menegaskan akan optimis dan tetap dalam keistiqomahan untuk menjalankan pekerjaan rumah (PR) yang telah diberikan PB HMI untuk dapat diaktualisasikan kedepannya.

“Banyak yang harus kita lakukan, karena kondisi HMI saat ini tidak baik-baik saja, kita tau sendiri bahwa kondisi HMI saat ini dihadapkan dengan kondisi Indonesia saat ini, tentu ini jadi PR besar kami di HMI-MPO Cabang Sorong Raya, kita tetap akan istiqomah melakukan perbaikan-perbaikan di tubuh HMI,” tegasnya.

Dilain sisi, Sekertaris Majelis Daerah (MD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Kota Sorong, Hasan Suneth berharap, dengan kepengurusan yang telah resmi dilantik itu agar kedepannya lebih baik, sehingga terjadi perubahan yang baik dan signifikan.

“Kita berharap bahwa, kepengurusan baru ini harus lebih baik dari yang sudah-sudah, walaupun yang sudah bukan tidak baik, semua baik, tetapi harus ada perubahan. Perubahan yang dimaksud yakni perubahan kearah yang lebih baik dan signifikan,” ujar Sekertaris MD Kahmi Kota Sorong, Hasan Suneth saat ditemui Sorongnews.com usai pelantikan Pengurus HMI-MPO Cabang Sorong Raya, Selasa malam (27/2/24).

Lebih lanjut, dirinya menandaskan, dengan kepengurusan HMI-MPO Cabang Sorong Raya dibawah kendali Sahrul Kubal, civitas hijau hitam dapat berbenah diri dan berbenah organisasi untuk kepentingan yang lebih besar terutama kepentingan masyarakat banyak.

“Kita melihat perkembangan-perkembangan yang ada cukup luar biasa ini harus disikapi dengan baik, sehingga kita mampu berbenah, berbenah diri dan berbenah organisasi untuk kepentingan yang lebih besar terutama kepentingan masyarakat banyak,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya sebagai senior dan alumni civitas hijau hitam menitipkan pekerjaan rumah (PR) yang harus dilaksanakan pengurus HMI-MPO Cabang Sorong Raya yang telah resmi dilantik itu.

“PR yang harus diselesaikan yakni, pertama, menyelesaikan persoalan dualisme itu, kedua, menata organisasi dan berbenah menjadi organisasi yang lebih baik, ketiga, adanya kolaborasi dengan Cipayung Plus serta membuka ruang diskusi-diskusi bermanfaat, serta keempat, melibatkan Kahmi dalam menanggapi berbagai persoalan yang terjadi saat ini. PR ini harus diselesaikan kepengurusan HMI-MPO Cabang Sorong Raya,” tuturnya.

Pantauan wartawan Sorongnews.com, tampak hadir dalam pelantikan pengurus HMI-MPO Cabang Sorong Raya itu diantaranya, Ketum PB HMI-MPO Ana Muliyana, Presidium MW Kahmi Papua Barat Daya Arobi Beyete, Sekertaris MD Kahmi Kota Sorong Hasan Suneth, Ketua HMI Badko Maluku Papua Raya, Pengurus Komisariat dibawah naungan HMI-MPO Cabang Sorong Raya, Cipayung Plus, Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Papua Barat Daya hingga BEM kampus se-Papua Barat Daya. (Jharu)

___

Komentar