Rumah Ibadah di Puncak Jaya Papua Diduga Dibakar, Polisi Temukan Miras Hingga Jejak Kaki

PUNCAK JAYA, PAPUA TENGAH – Rumah Ibadah Masjid Al-Amaliah yang berlokasi di Distrik Illu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Sabtu (30/12/23), ludes dilahap si jago merah. Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIT, diduga kuat dibakar oleh Orang Tak Dikenal (OTK).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam rilis yang diterima redaksi Sorongnews.com membenarkan kejadian itu.

___

Disampaikannya bahwa, kejadian ini bermula dari seorang saksi yang merupakan pengurus Masjid melaporkan adanya api yang melahap bangunan rumah ibadah tersebut.

“Mendapatkan laporan tersebut, Polres Puncak langsung bergerak cepat mendatangi TKP pembakaran Masjid tersebut,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi Sorongnews.com, Minggu (31/12/23).

Setelah mendapatkan laporan kebakaran Masjid, polisi langsung terjun ke TKP guna memadamkan api. Dalam upaya pemadaman, polisi dibantu warga setempat menggunakan alat seadanya.

Kemudian, usai berhasil memadamkan api, polisi menemukan barang bukti berupa satu botol minuman keras (miras) dan terlihat jejak kaki disekitaran Masjid.

“Selang satu jam, api berhasil dipadamkan dan ditemukan barang bukti yakni, 1 botol minuman alkohol (Cap Tikus) yang berada di tempat wudhu dan terlihat jejak kaki di Pintu Gapura Masjid,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Puncak Jaya, AKBP Kuswara mengatakan bahwa, saat ini pihaknya masih mendalami dugaan unsur kesengajaan dibalik dalang pembakaran rumah ibadah itu. Namun pihaknya menduga kuat dibakar oleh kelompok orang mabuk.

“Kasus ini sedang diselidiki Sat Reskrim Polres Puncak Jaya dan kejadian kebakaran diduga dilakukan secara sengaja oleh kelompok orang mabuk,” tutur Kapolres Puncak Jaya, AKBP Kuswara.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Puncak Jaya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat apabila mendapatkan orang yang mencurigakan agar segera memberikan informasi ke Polres Puncak Jaya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Apabila terdapat orang yang mencurigakan, agar langsung memberikan informasi ke Polres Puncak Jaya, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” himbaunya. (*/Jharu)

___ ___

Komentar