oleh

Ratusan Mahasiswa Ikuti PBAK 2022, Syarat Penting Menempuh Pendidikan di IAIN Sorong

SORONG, – Menyambut kedatangan ratusan mahasiswa baru, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2022, bertempat di Aula IAIN Sorong, Selasa – Kamis (6-8/9/22).

Pelaksanaan PBAK 2022 ini mengangkat tema ‘Penguatan Budaya Akademik Mahasiswa Berbasis Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Harmoni dan Produktivitas’.

Sebanyak 190 mahasiswa dengan menggunakan seragam putih dengan bawahan hitam, berbalut pita beragam warna di kepala, serta menggunakan papan bertuliskan nama. Mereka tampak antusias mengikuti rangkain pelaksanaan PBAK 2022 itu.

Kepada Sorongnews.com, Ketua Panitia PBAK 2022, Muh. Rusdi Rasyid mengatakan bahwa PBAK dilaksanakan disetiap Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia, salah satunya dilaksanakan di IAIN Sorong.

“Jadi sebenarnya, PBAK ini adalah Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan, yang dilakukan oleh PTKIN, termasuk di IAIN Sorong,” kata Ketua Panitia PBAK 2022 saat dijumpai diruang kerjanya, Selasa siang (6/9/22).

Lanjutnya, sebagai Wakil Rektor I IAIN Sorong, dirinya menjelaskan terkait pelaksanaan PBAK yang didasari oleh keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjenpendis) Kementerian Agama (Kemenag), yang menyatakan bahwa setiap PTKIN dibawah naungan Kemenag diharusakan melaksanakan rangkaian PBAK.

“Ini kami melaksanakan PBAK didasari oleh aturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, PBAK harus diselenggarakan disetiap kampus maupun Perguruan Tinggi dibawah naungan Kemenag,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya menuturkan bahwa pelaksanaan PBAK ini khusus untuk mahasiswa baru, dimana bertujuan guna memperkenalkan dunia akademik yang berlaku di kampus IAIN Sorong kepada seluruh mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang belum berkesempatan ikut, atau belum dinyatakan lulus ditahun sebelumnya.

“yang diperkenalkan adalah proses perkuliahan seperti apa, akademik seperti apa, bagaimana mahasiswa mengurus KRS sampai namanya terdaftar kedalam SIAT (sistem akademik berbasis online), menjelaskan segala proses selama menempuh perkuliahan di kampus ini,” tuturnya.

Tak lupa juga memperkenalkan organisasi tingkat Institusi maupun Fakultas, serta organisasi kemahasiswaan hingga unit kegiatan mahasiswa (UKM).

“Jadi semuanya mahasiswa harus tau, agar mereka (mahasiswa) hati-hati dan serius dalam menjalani proses perkulihan. Untuk yang mengikuti PBAK ini, sementara yang terdaftar sebanyak 190 mahasiswa, termasuk mahasiswa baru dan mahasiswa lama pada tahun sebelumnya yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan PBAK,” jelas Rusdi Rasyid.

Ditambahkannya bahwa, apabila terdapat mahasiswa yang tidak dinyatakan lulus dalam rangkaian pelaksanaan PBAK. Disampaikannya, tidak berhak mendapatkan sertifikat PBAK, dimana sertifikat itu diperlukan sebagai salah satu persyaratan penting yang tentunya diperlukan pihak institusi selama mahasiswa menuntut pendidikan di kampus hijau tersebut.

“Ingat sertifikat itu berguna sebagai syarat untuk mendapatkan ijazah, syarat dalam mengikuti PPL dan KKN kedepannya, itu penting sekali,” bebernya

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun sorong news, pelaksanaan PBAK 2022 dilaksanakan selama 3 hari, terhitung dimulai pada selasa (6/9/22) hingga kamis (8/9/22) mendatang. Sebelumnya, pada senin (5/9/22) lalu, telah dilaksanakan Pra PBAK.

Selain itu, berdasarkan pantauan Sorongnews.com, 190 peserta terlihat bersemarak ketika mendapatkan paparan materi dari berbagai pemateri unggul dan professional. Hingga saat ini, 190 peserta PBAK 2022 itu tampak antusias melaksanakan rangkain PBAK hingga dua hari kedepan, dengan terbagi kedalam 4 pilar, yakni Pilar KeIslaman, KeIndonesiaan, KePapuaan dan Kepemimpinan. (Jharu)

Komentar