Polresta Manokwari Tangkap 5 Pelaku Pembunuhan Sadis di Dalam Hutan Lindung

MANOKWARI,PAPUA BARAT- Polresta Manokwari mengadakan Press Release penangkapan 5 pelaku pembunuhan Yaya Sayori yang berinisial YU (29), SU (33), MT (30), SS (26), dan NI (46), di Mapolresta Manokwari, Senin (27/5/24).

Waka Polresta Manokwari Kompol Agustina Sinery mengatakan, kejadian pembunuhan korban Yaya Sayori terjadi pada tanggal 23 April 2024 tepat pukul 11.00 WIT di kampung Anggori, di dalam hutan lindung, Manokwari, Papua Barat.

___

“Awalanya YS bersama 5 pelaku mereka melakukan berburu bersama rekan-rekan lainnya sebanyak 16 orang di hutan lindung, Kampung Anggori,” ujar Waka.

Menurut keterangan awal saat korban berburu korban hilang di dalam hutan dan keesokan harinya pencarian dilanjutkan ditemukan korban YS sudah tidak bernyawa dan sudah meninggal dunia di dalam hutan dalam keadaan mengenaskan.

Pada tanggal 30 April 2024 istri korban YS mendatangi Polresta Manokwari untuk membuat laporan Polisi karena dari pihak keluarga merasa curiga bahwa korban YS ini di duga meninggal karena tindakan kekerasan.

Setelah istri YS membuat laporan polisi, Sat Reskrim Polresta Manokwari langsung melakukan penyelidikan dan tindakan Exsumasi dan tindakan korban yang mana dari Sat Reskrim melakukan otopsi di tempat di mana korban dimakamkan. Dimana diketahui ada luka patah pada bagian kaki korban.

“Dari hasil otopsi yang kami lakukan, korban meninggal dunia dikarenakan perdarahan yang hebat dan ditemukan beberapa tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban, kami langsung melakukan pemanggilan terhadap 16 orang teman teman-teman yang pada saat itu ikut bersama korban melakukan perburuan,”ungkap Waka.

Dari keterangan 16 orang teman yang ikut dalam perburuan dan mendapat keterangan bahwa Korban YS meninggal karena dikeroyok oleh beberapa orang.

“Sekarang kami sudah menangkap 5 pelaku yang berinisial YU (29), SU (33), MT (30), SS (26), dan NI (46) melakukan pengeroyokan kepada Korban. Kemungkinan pelaku akan bertambah,” imbuh Wakapolresta.

Dimana peran pelaku YU melakukan pemukulan terhadap korban dengan menggunakan balok kayu, pelaku SU memanah korban dengan busur di bagian kaki. Pelaku MT melakukan pemukulan terhadap korban dengan menggunakan kayu dan mengenai kaki korban, pelaku SS melakukan pemukulan dan menginjak-injak korban, Pelaku NI juga melakukan pemukulan terhadap korban.

“Dari keterangan 5 pelaku yang kami tahan saat ini bahwa masih ada 5 orang lagi yang melakukan pembunuhan terhadap korban dan sekarang Polresta Manokwari lagi melakukan pencarian,” lanjut Waka.

Ke 5 pelaku yang melakukan pembunuhan terhadap korban itu mereka di bayar oleh saudara yang berinisial SM yang merupakan otak pelaku dari pembunuhan ini. Pembayaran dilakukan mulai dari 10 juta, 5 juta hingga 3 juta.

“Menurut ke 5 pelaku pembunuhan terjadi karena ada dendam saudara SM kepada Korban YS .kami akan melakukan penangkapan kepada SM baru kami tau motif dendam apa hingga bisa terjadi pembunuhan kepada korban,” ungkap Waka.

Selain 5 pelaku barang bukti yang turut diamankan yaitu satu buah anak panah dengan dua busur, satu buah baju,celana pendek abu-abu,satu buah tas,satu buah tali panjang,satu buah biscuit merek Khong Guan dan satu buah Handphone milik korban,semua barang bukti diamankan dari TKP.

Dengan kejahatan ke 5 pelaku dengan UU pasal 340 dan pasal 338 junto pasal 55 dengan ancaman hukuman mati, seumur hidup penjara atau paling lama 12 sampai 15 Tahun. (Rolly)

___ __ ___ ___

Komentar